customer.co.id – Ekonomi digital di Indonesia terus mengalami peningkatan, secara keseluruhan hal ini akan berpengaruh juga pada peningkatan Ekonomi Nasional.

Artikel Ini dipersembahkan oleh:

Perkembangan Ekonomi Digital Akan Berpengaruh Pada Ekonomi Nasional

Ekonomi digital di Indonesia terus memperlihatkan perkembangannya. Selain berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional, terus berkembangnya ekonomi digital di Indonesia pun memberikan manfaat bagi para pebisnis.

Digital Economy Summit yang merupakan bagian dari Communic Indonesia Broadcast Indonesia 2017 membahas dampak dan potensi perkembangan ekonomi digital dan seberapa pegaruhnya terhadap perkembangan ekonomi nasional.

Pada tahun 2020 kelak, Indonesia berkomitmen menjadi negara terbesar di ASEAN dalam bidang ekonomi digital, dengan meyakini bahwa kedaulatan cyber dilihat sebagai faktor kunci untuk mendapatkan target tersebut.

[Baca Juga: Apakah Mungkin Terjadi Bubble Ekonomi pada Bisnis Start Up di Indonesia?]

Hana Abriyansyah selaku Chief Information Security Officer PT Midtrans mengutarakan pandangannya terkait ekosistem digital baru yang akan mendukung kedaulatan digital Indonesia.

Tutur Hana dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (27/10/17):

“Indonesia negara yang muncul sebagai kekuatan baru dalam bidang teknologi, di mana perkembangan startup terihat signifikan dan memberikan impact serta menciptakan potensi pasar yang besar.”

Hana beranggapan bahwa pemerintah harus turut serta mendukung infrastruktur, regulasi dan pendidikan terkait ekonomi digital guna memastikan bahwa Indonesia sebagai bangsa telah siap masuk ke dalam tren teknologi digital secara global.

“Kedaulatan siber akan membantu kita untuk memperkuat keamanan siber, infrastruktur teknologi dan digital ekonomi.”

Presiden Direktur PT Segen Medical Nasional Fredrik Nainggolan mengatakan, industri vertikal seperti layanan kesehatan akan mendapatkan manfaat dari ekonomi digital.

Fredrik juga beranggapan teknologi terkini dalam bidang digital akan membawa manfaat besar pada berbagai industri, menghemat waktu, uang dalam bidang layanan kesehatan profesional.

Saat ini untuk meghadirkan layanan kesehatan berkualitas secara maksimal untuk seluruh rakyat Indonesia, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil dirasa sulit jika masih mengandalkan jumlah medical specialists seperti radiologist dan cardiologist di Indonesia yang masih terbatas.

Dengan adanya perkembangan teknologi Telemedicine dapat meningkatkan layanan kesehatan secara signifikan.

[Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Kilas Balik Krisis Ekonomi 1999 Indonesia]

Harapannya Telemedicine ini akan memberikan layanan berkualitas bagi pasien dan dapat menekan biaya bagi penyedia layanan kesehatan karena beberapa tugas mereka dapat terautomatisasi.

“Cloud akan memberikan manfaat besar untuk layanan kesehatan di Indonesia dan dapat diakses banyak dokter dan spesialis.”

Pengembangan layanan ini pun akan membantu para penyedia layanan kesehatan untuk memperluas jangkauan bisnis mereka.

“Itu juga berarti para penyedia layanan kesehatan dapat memperluas bisnis layanan mereka dan menyediakan aplikasi dengan cepat tanpa terlalu memikirkan pembangunan infrastruktur berbiaya besar.”

Tidak ketinggalan, CTO PT First Media/Link Net, Desmon Poon menuturkan bahwa industri media juga mendapatkan keuntungan dari inovasi di sektor digital.

Menurutnya, perubahan dalam strategi dapat berdampak pada peningkatan customer experience (pengalaman konsumen).

Apakah Anda setuju bahwa ekonomi digital akan berpengaruh kepada ekonomi nasional sebuah Negara? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Pramirvan Datu Aprilatu. 27 Oktober 2017. Ekonomi Digital Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Nasional. Netralnews.com – https://goo.gl/HJ3xbz

Sumber Gambar:

    Ekonomi Digital – https://goo.gl/FrUcxX

    Ekonomi Nasional – https://goo.gl/VoKgs6

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News