customer.co.id – Ingin tahu cara mencapai kebebasan keuangan ala Dave Ramsey? Jika Anda memiliki tumpukan utang yang seperti tidak pernah habis, jangan menyerah!

Ternyata masih banyak cara mencapai kebebasan keuangan yang dapat Anda praktikkan lho. Mau tahu apa saja caranya?

Mari kita simak saran Dave Ramsey dalam mencapai kebebasan keuangan yang dapat Anda praktikkan sekarang juga.

Rubrik Finansialku

Siapakah Dave Ramsey?

Siapakah Dave Ramsey? Mengapa Anda perlu mempraktikkan tips mencapai kebebasan dari Beliau?

David L. Ramsey III merupakan pria kelahiran 3 September 1960 yang sudah menjalani berbagai profesi seperti pebisnis, pembawa acara radio, penulis, dan motivator ternama.

Bidang yang digelutinya adalah pendekatan terhadap keuangan pribadi dan rumah tangga termasuk manajemen utang.

[Baca Juga: Mana yang Lebih Penting, Berinvestasi atau Melunasi Utang?]

Program radio Dave, The Dave Ramsey Show sudah disiarkan lebih di 500 stasiun radio di Amerika dan Kanada.

Selain menjadi pembawa acara, Dave juga mendirikan beberapa perusahaan, antara lain:

#1 The Lampo Group, Inc.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1992 ini kini telah berubah nama menjadi Ramsey Solutions.

Awalnya perusahaan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengatur keuangan. Kini perusahaan ini telah berkembang hingga memiliki 500 karyawan.

#2 Financial Peace University

Merupakan sebuah sarana bagi aktivitas dalam grup kecil seperti video teaching dan diskusi bersama berbasis kitab suci, sesuai dengan kepercayaan Ramsey.

#3 EntreLeadership

Sesuai dengan namanya, EntreLeadership merupakan tanggung jawab pemilik bisnis sebagai wirausaha (entrepreneur) dan sebagai pemimpin (leader).

Perusahaan yang mempresentasikan kunci utama Ramsey dalam mendirikan perusahaan tanpa utang.

Ramsey juga menerbitkan buku dengan judul yang sama (EntreLeadership) pada 2011 dan dinobatkan sebagai salah satu New York Times Bestseller hanya dalam semalam.

#4 The Legacy Journey

Merupakan perusahaan yang didirikan untuk Financial Peace University, diskusi dalam The Legacy Journey berpusat pada apa yang harus dilakukan setelah terbebas dari utang dalam 7 minggu.

Layaknya Financial Peace University, The Legacy Journey juga menjadi sarana aktivitas dalam grup kecil seperti video teaching dan diskusi bersama berbasis kitab suci.

#5 EveryDollar

EveryDollar adalah aplikasi perencanaan keuangan yang diciptakan oleh Ramsey Solutions. Aplikasi ini tersedia bagi seluruh pengguna iOS dan Android.

Bagi Anda yang berdomisili di Indonesia dan membutuhkan aplikasi serupa dalam bahasa Indonesia, kini Anda dapat langsung mengunduh aplikasi Finansialku berikut ini:

Nah, penasaran dengan tips kebebasan keuangan ala Dave Ramsey? Finansialku telah merangkumnya sebagai berikut ini.

Cara Mencapai Kebebasan Keuangan ala Dave Ramsey

Setelah mengenal Dave Ramsey lebih jauh, kini saatnya Anda mempelajari cara mencapai kebebasan keuangan ala Dave Ramsey, pendiri perusahaan yang bebas finansial.

Siapa tahu Anda bisa menjadi seperti Dave Ramsey hanya dengan belajar dari pengalamannya bukan?

Tanpa panjang lebar lagi, berikut beberapa tips mencapai kebebasan keuangan dari Beliau:

#1 Belajar Cara Mengatur Keuangan

Tanpa sebuah rencana, Anda hanya akan berakhir kebingungan. Mengapa? Karena Anda bingung kemana uang Anda habis pada tiap akhir bulan.

Ini bukanlah kebebasan keuangan.

Kebebasan keuangan mustahil diperoleh jika Anda hidup bergantung pada gaji atau upah bulanan.

Untuk memperbaikinya, mulailah dengan mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran. Ketahui kemana uang Anda habis pada tiap bulannya.

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui bagian mana yang menghabiskan banyak uang dan mencari cara untuk memperbaikinya.

Cara ini disebut juga dengan membuat anggaran.

Cara ini penting dalam memulai pengaturan keuangan yang lebih baik. Namun semuanya tidak berakhir disini. Ini barulah tahap pertama saja.

Apa tahap selanjutnya? Lanjutkan ke poin ke-2!

#2 Perbaiki Kondisi Keuangan Anda

Langkah pada poin sebelumnya hanya membantu Anda melihat kondisi keuangan Anda. Berapa uang yang masuk, berapa uang yang keluar, untuk apa saja uang dialokasikan bisa dilihat melalui budgeting atau pembuatan anggaran.

Langkah tersebut harus dilanjutkan dengan upaya perbaikan, dengan tujuan memperoleh kondisi keuangan yang lebih baik lagi.

Artinya adalah, jika Anda memiliki utang, kini saatnya untuk menanggapinya dengan serius.

Mengapa? Karena dengan adanya utang, artinya gaji Anda bukanlah milik Anda, melainkan milik orang lain. Setiap Anda memperoleh uang, uang tersebut akan habis duluan hanya untuk membayar cicilan-cicilan.

[Baca Juga: Kenapa Pada Saat Pensiun, Utang Konsumtif Harus Lunas?]

Melunasi utang merupakan sebuah dasar dalam membangun kebebasan finansial jangka panjang.

Mulailah mengalokasikan sebagian besar penghasilan untuk melunasi utang, dengan metode apapun yang Anda kira terbaik. Lalu lanjutkan hingga seluruh utang terlunasi.

Memang akan terasa sulit, namun bayangkan kebahagiaan saat Anda nanti terbebas dari utang.

Nah, begitu Anda bebas utang, PERTAHANKAN! Pertahankan untuk selamanya, jangan membuat utang baru.

#3 Cerdas dalam Membangun Karier

Kunci terpenting dalam mencapai kebebasan finansial bukanlah dengan berhemat. Berhemat hanya bisa dilakukan hingga titik tertentu saja. Saat penghematan sudah mencapai titik maksimal, kini saatnya menambah pemasukan.

Ya, kunci utama dalam kebebasan finansial terletak pada pemasukan Anda.

Darimana pemasukan Anda diperoleh? Salah satunya adalah dari pekerjaan atau karier yang sedang Anda jalani. Dengan demikian penting untuk membangun karier yang tepat dan sesuai bagi Anda.

Temukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda dan menghasilkan pemasukan yang baik.

[Baca Juga: Konsultasi: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit]

Memang kedengarannya tidak mudah.

Karena itulah, kami telah menyediakan beberapa tips bagi Anda dalam membangun karier:

    Ketahui kemana arah yang ingin dituju dalam 10 tahun ke depan. Anda baru bisa memilih karier setelah memiliki tujuan yang jelas.

    Lihat potensi pemasukannya. Pilihlah karier dengan potensi pemasukan lebih besar dari yang Anda butuhkan.

    Ketahui potensi perkembangannya. Karier yang tepat adalah karier yang memungkinkan Anda untuk berkembang, baik secara pribadi maupun secara profesional.

    Nikmati apa yang Anda kerjakan. Jangan habiskan masa muda Anda mengerjakan sesuatu yang bahkan Anda tidak sukai, temukan sesuatu yang Anda sukai dan Anda akan bisa melakukannya dengan lebih baik.

    Cari tahu apakah pekerjaan itu bisa mendukung impian kebebasan finansial Anda. Ketahui tujuan dengan jelas termasuk rencana jangka panjang dan kebutuhan dananya, barulah Anda hitung apakah pekerjaan tersebut bisa mendukung tujuan tersebut atau tidak.

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

#4 Buatlah Strategi Jangka Panjang

Bayangkan jika Anda terpaksa mengambil dana pensiun Anda hanya untuk memperbaiki motor yang rusak. Atau jika Anda terpaksa mengandalkan kartu kredit hanya untuk membeli belanjaan kebutuhan sehari-hari.

Meminjam dana masa depan tidak akan pernah berujung baik bagi Anda. TIDAK AKAN PERNAH!

Jika Anda juga ingin mencicipi kebebasan finansial, Anda membutuhkan dana darurat untuk mengatasi kejadian-kejadian tak terduga, seperti kerusakan kendaraan, renovasi rumah, dan sebagainya.

[Baca Juga: Pelajaran Berharga! 6 Kesalahan Saat Meluasi Utang yang Dilakukan Kakek Fico]

Memiliki dana darurat akan memberikan ketenangan pikiran, serta akan menjadi salah satu faktor pembantu dalam mencapai kebebasan finansial. Mengapa? Karena Anda tidak lagi mengandalkan UTANG.

Selain itu, selalu siapkan dana untuk kebutuhan dengan dana besar yang direncanakan. Misalnya saja liburan atau dana pernikahan.

Gunakan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menghitung kebutuhan dana yang perlu disiapkan, misalnya dengan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku memiliki fitur Perencanaan Dana Membeli Barang yang bisa Anda gunakan. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Kemudian, masukkan seluruh informasi pembelian barang (misal: liburan atau dana pernikahan) ke dalam Widget Kalkulator Dana Membeli Barang.

Setelah itu, klik “Kirim Jawaban ke Email Saya” dan akan muncul hasil perhitungan berapa banyak dana yang perlu diinvestasikan per bulannya untuk mencapai tujuan Anda.

Sederhana bukan?

Dengan mempersiapkan dana untuk kebutuhan yang mahal sejak dini, Anda tidak akan perlu meminjam uang dari masa depan yang jelas akan berdampak negatif bagi Anda.

#5 Pelajari Opsi Investasi yang Ada

Setelah memiliki uang yang cukup untuk ditabung atau diinvestasikan, saatnya Anda mencari bantuan tenaga ahli keuangan untuk mencapai kebebasan finansial.

Salah satunya adalah Finansialku.

Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Dengan demikian, Anda juga bisa dengan mudah mengatur keuangan dan mencapai kebebasan finansial hanya dengan menggunakan jasa Finansialku. Anda bisa mulai dari sekarang dengan menghubungi kontak Finansialku.

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Semakin cepat Anda mulai berinvestasi, semakin cepat juga uang Anda bertumbuh.

Jika Anda juga penasaran dengan investasi, berikut beberapa tips untuk memulainya:

#1 Mempersiapkan Dana Pensiun

Mulailah berdiskusi dengan Perencana Keuangan Anda bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun. Lihat juga bantuan pemerintah, misalnya Jaminan Hari Tua (JHT) yang disediakan oleh BPJS.

Dari sana Anda bisa tahu berapa dana yang harus disiapkan dan Anda bisa memulainya dari sekarang. Carilah instrumen investasi dengan tingkat pengembalian yang tepat sesuai dengan jangka waktunya.

#2 Mempersiapkan Dana Pendidikan

Dana pendidikan dewasa ini sangatlah mahal. Tidak percaya? Cobalah baca artikel berikut ini:

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

Oleh karena itu, mempersiapkan dana pendidikan bagi buah hati Anda merupakan investasi yang sangat bijak. Lagi-lagi carilah instrumen investasi yang tepat untuk menghasilkan dana yang sudah Anda perhitungkan berikut faktor inflasinya.

Dengan mempersiapkan dana pendidikan, selain membantu Anda terhindar dari utang, ini juga membantu anak Anda lebih mudah memperoleh kebebasan finansialnya.

#3 Investasi Properti

Rumah merupakan sebuah langkah dalam meraih kebebasan finansial. Oleh karena itu, pilihlah rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda, sehingga tidak akan menjadi beban nantinya yang menghambat Anda mencapai kebebasan finansial.

Jika Anda cerdas dalam memilih rumah yang baik, maka nilainya akan berlipat ganda di masa depan.

Saat Anda bisa menabung lebih banyak, alokasikan tabungan untuk segera melunasi cicilan rumah Anda, agar uang Anda tidak terus habis membayar bunga KPR.

Jangan pernah berpikir untuk membeli rumah baru jika KPR saat ini belum lunas. Itu hanya akan menghambat Anda mencapai kebebasan finansial.

[Baca Juga: 10 Kesalahan Perencanaan Dana Pendidikan yang Dilakukan Oleh Orangtua]

#6 Berperan Aktif dalam Perjalanan Menuju Kebebasan Finansial

Berinvestasi memang langkah penting dalam mencapai kebebasan finansial, namun Anda harus terus aktif dalam memperbaiki kondisi finansial Anda.

Anda harus terus memutar otak agar investasi Anda semakin menguntungkan sehingga penghasilan pasif Anda semakin besar.

Biarkan uang bekerja untuk Anda!

Anda sudah bekerja keras untuk memperbaiki keuangan Anda, jangan berhenti dan merusak apa yang sudah Anda bangun sepenuh hati.

Mintalah bantuan perencana keuangan profesional seperti Finansialku untuk membantu Anda:

    Membuat keputusan tepat dalam berinvestasi,

    Meminimalkan risiko,

    Membuat rencana kebebasan finansial yang nyata,

    Mengetahui opsi investasi yang tepat bagi Anda, dan

    Mempersiapkan rencana cadangan untuk hal-hal tak terduga.

Raih Kebebasan Finansial Milik Anda

Jangan habiskan hidup Anda hanya untuk terlilit dalam tumpukan utang. Kebebasan finansial bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dicapai lho!

Cobalah praktikan tips-tips di atas sekarang juga dan buktikan bahwa Anda juga bisa mencapai kebebasan finansial milik Anda.

Jika Anda berhasil, bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga mengalami masalah dalam meraih kebebasan finansialnya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mencapai kebebasan finansial ala Dave Ramsey lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Dave Ramsey. How Do I Achieve Financial Freedom? Daveramsey.com – https://goo.gl/YcMWVG

Sumber Gambar:

    Cara Mencapai Kebebasan Keuangan – https://goo.gl/1pn9mu dan https://goo.gl/x8pgvj

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News