customer.co.idJakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau menguat pada pekan ini, meski secara harian IHSG cenderung berfluktuasi

Sepanjang pekan ini, Indeks bursa saham acuan Tanah Air tersebut menguat 0,14% secara point-to-point (ptp). Namun, pada perdagangan Jumat (23/9/2022) kemarin, IHSG ditutup melemah 0,56% ke posisi 7.178,58.

Dalam harian sepanjang pekan ini, IHSG cenderung berfluktuasi. IHSG pun kembali keluar dari zona psikologisnya di 7.200 dan kembali diperdagangkan di kisaran 7.170.

Selama sepekan, nilai transaksi IHSG mencapai Rp 56,2 triliun. Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih (net sell) mencapai Rp 1,22 triliun di pasar reguler pada pekan ini.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), setidaknya keenam saham yang menjadi top gainers sepanjang pekan ini mengalami kenaikan signifikan hingga lebih dari 30%, bahkan lebih dari 85%.

Berikut daftar saham yang menjadi top gainers pada pekan ini.

Saham emiten komponen elektronik dan komponen sepeda yakni PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) memimpin deretan top gainers pada pekan ini, di mana saham SLIS melejit 85,95% sepanjang pekan ini.

Pada perdagangan Kamis lalu, saham SLIS ditutup melejit 25% ke posisi harga Rp 450/unit. Kemudian esok harinya, BEI memutuskan untuk mensuspensi saham SLIS.

Penghentian sementara saham SLIS pada perdagangan kemarin dalam rangka cooling down setelah terjadi lonjakan harga dalam beberapa hari terakhir.

Dengan demikian, harga saham SLIS telah melesat 204,05% sepanjang September 2022.

Melesatnya saham SLIS dipicu Persaingan kendaraan listrik dalam negeri mulai menghangat. Pada Agustus lalu, SLIS meluncurkan Selis Bromo, mobil listrik roda tiga pertama di Indonesia.

Selis Bromo merupakan mobil listrik yang memiliki desain yang lebih compact dengan teknologi listrik dan panel surya. Peluncuran produk baru Selis ini dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang digelar pada 11 hingga 21 Agustus lalu.

Peluncuran Selis Bromo ini merupakan inovasi baru karena selain dengan tenaga listrik, mobil listrik ini juga bisa mendapatkan energi tambahan dari sinar matahari, yang menurutnya energi yang gratis.

Selain untuk mengembangkan pasar kendaraan listrik di Indonesia dan mendukung upaya pemerintah dalam mendorong transisi ke energi baru dan terbarukan (EBT), hadirnya Selis Bromo juga sebagai strategi perusahaan dalam memperluas pasar baru secara global.

Saat ini, pemerintah Indonesia menargetkan pada kurun 2021-2025 terdapat 400.000 mobil listrik dan 1,7 juta motor listrik dapat beroperasi demi melakukan transisi ke EBT dan mencapai netral karbon atau net zero emission pada 2060. Pada 2035, pemerintah juga berharap jumlah kendaraan listrik bertambah lagi menjadi 5,7 juta unit mobil listrik dan 46,3 juta motor listrik.

Potensi inilah yang menjadi sentimen positif bagi emiten berkode SLIS ini. Jika melihat kinerja laporan keuangannya, sepanjang semester I-2022, SLIS telah berhasil membukukan laba bersih mencapai Rp 15,05 miliar atau naik 15,23% dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 13,6 miliar.

Adapun saham-saham berikut yang koreksinya paling parah pada pekan ini.

Saham emiten properti yakni PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) menjadi saham yang paling boncos pada pekan ini. Saham SLIS ambruk 29% sepanjang pekan ini.

Pada perdagangan Jumat kemarin, saham SATU ditutup ambles 6,58% ke posisi Rp 71/unit. Dengan demikian, harga saham SATU ambles 37,72% sepanjang September 2022.

Belum diketahui terkait penurunan saham SATU. Namun jika melihat laporan keuangannya, perseroan masih mencatatkan rugi bersih senilai Rp 2,67 miliar pada semester I-2022.

Sebagai informasi, SATU bergerak dalam bidang pembangunan dan pengembangan, perdagangan, dan jasa. Pada saat ini kegiatan usaha yang dijalankan Perusahaan adalah pembangunan dan penjualan rumah tinggal pada proyek The Amaya.Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2013.

TIM RISET CNBC INDONESIA

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News