loading…

Menparekraf Sandiaga Uno menemui warga yang memanen ikan lele dari program Juragan Lele Lalap di Bidara China, Jakarta Timur, Sabtu (23/7/2022). FOTO/Istimewa

JAKARTAMenparekraf Sandiaga Uno bersama Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI) mengunjungi kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Ia menemui para warga yang memanen hasil budidaya ikan dalam ember (budikdamber) lewat program Juragan Lele Lalap.

Sandiaga mengatakan, ikan lele bisa dimanfaatkan sebagai beragam olahan. Termasuk di antaranya yakni bakso lele. “Ternyata lele ini bisa dijual dalam bentuk bakso lele, nugget lele, lele frozen, pecak lele,” ujar Sandiaga di Otista Raya, Bidara China, Jatinegara, Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga: Dampingi Presiden Jokowi, Ini Cerita Seru Sandiaga Uno Berlayar dengan Phinisi di Perairan Taman Nasional Komodo

Sandiaga menyebut total hasil panen para warga mencapai 340 kilogram lele. Ia pun berharap program tersebut bisa menambah pemasukan warga dan meningkatkan perekonomian. “Jadi oleh karena itu saya butuh kekompakan dari warga sekitar untuk ikut kegiatan peningkatan penghasilan mereka dengan Juragan Lele dan Lalap ini,” ucap Sandiaga.

Sandiaga Uno Ikut Panen Juragan Lele Lalap, Kagum Ternyata Ada Bakso Lele

Pemilik Bakso Lele Kumis Fahri Zahri (42) mengatakan panen dilakukan setelah tiga bulan masa budidaya. Dia juga membeberkan inspirasinya mengolah lele menjadi bakso. “Kan zamannya frozen food ya. Ya sudah akhirnya saya bikin frozen lele dari bakso kemasan tapi praktis. Bisa dimakan seperti indomie-indomie gitu. Ada kaldunya juga. Jadi tinggal dimasak, praktis,” kata Fahri.

Fahri menuturkan, program Juragan Lele Lalap ini juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Dia pun mengaku terkesan dengan program tersebut. “Ayo kita tingkatin lagi budidaya lele ini untuk ke depannya, untuk income-income kita untuk bisa masuk buat yang nganggur-nganggur buat bisa kita mempekerjakan,” tutur Fahri.

Baca Juga: Perempuan Jadi Tulang Punggung Sektor Parekraf, Ini Kata Sandiaga Uno

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga memberikan sejumlah bantuan yang memanfaatkan lele sebagai bisnis usaha. Bantuan yang diberikan di antaranya vakum plastik, kompor gas, etalase, blender, hingga penggorengan. Pada kesempatan sebelumnya, Sandiaga telah menyerahkan bantuan berupa bibit lele hingga sayuran. Sebanyak 200 ember dan 3000-4000 bibit lele dibawa Sandiaga saat itu.

“Di hari ke 14 bulan Ramadhan ini menyerahkan bantuan program wirausaha praktis Juragan Lele dan Lalap. Ini adalah budidaya ikan dalam ember yang dilengkapi dengan budidaya sayur-sayuran lalapan di atas embernya,” ujar Sandiaga.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News