customer.co.id – Saat memilih produk asuransi, sudahkah Anda mempertimbangkan keuntungan asuransi syariah?

Sebelum merasakan keuntungan dan menikmati manfaatnya, mari mengenal lebih jauh mengenai asuransi syariah, apa saja keuntungan asuransi syariah dibanding asuransi konvensional.

Apa itu Asuransi Syariah?

Tahukah Anda pepatah “tak kenal maka tak sayang”? Dengan demikian, Anda juga harus mengenal asuransi syariah terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkannya secara maksimal dan merasakan keuntunganya.

Asuransi syariah pada dasarnya merupakan produk perbankan syariah yang sistem pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah).

Sebagai implementasi dari kaidah dasar muamalah, terdapat prinsip dasar yang menjadi pedoman agar seluruh aktivitas dalam ranah keuangan tersebut sesuai dengan prinsip syariah.

[Baca Juga: Gadai Emas di Pegadaian dan Bank Syariah, Bagaimana Caranya? Apakah Untung?]

Tetapi apakah Anda membutuhkan asuransi syariah? Memang betul mayoritas orang tidak menganggap bahwa asuransi itu penting.

Namun apakah Anda sadar dengan pentingnya asuransi sebagai rencana cadangan apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga?

Kini sudah banyak kok jenis asuransi dengan beragam keuntungannya, sebagai contohnya asuransi syariah tadi.

Penasaran dengan manfaat asuransi syariah yang bisa Anda dapatkan? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjelaskan pentingnya asuransi dan keuntungan dari asuransi syariah sebagai berikut ini.

Pentingnya Asuransi

Menurut AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), definisi asuransi jiwa adalah:

Sebuah perjanjian hukum antara perusahaan asuransi dengan pihak yang menggunakan asuransi.

Dengan kata lain, asuransi akan melindungi aset berharga Anda, misalnya kesehatan, kendaraan bermotor, atau bahkan jiwa.

Berbeda dengan dana darurat, asuransi merupakan sebuah perjanjian dengan perusahaan asuransi, dimana Anda akan membayar polis pada periode tertentu dan akan menerima manfaatnya saat dibutuhkan.

Tujuannya dari asuransi adalah untuk mengalihkan atau memindahkan risiko keuangan (risk transfer).

Maksudnya adalah, jika dalam periode atau waktu pertanggungan, terjadi risiko pada orang yang membeli asuransi (tertanggung), maka perusahaan asuransilah yang akan membayarkan uang pertanggungan tersebut.

[Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Saham Syariah dan Saham Konvensional yang Harus Diketahui Para Investor]

Asuransi disini berfungsi sebagai pengaman saat terjadi sesuatu. Asuransi juga perlu disiapkan sebelum Anda lanjut melangkah ke investasi. Asuransi dibutuhkan apabila ternyata dana darurat Anda tidak mencukupi.

Pada intinya ada tiga hal yang perlu Anda siapkan.

Pertama-tama adalah dana darurat dahulu, kemudian baru dilanjutkan dengan asuransi, dan barulah melangkah ke investasi.

Jika dana darurat tidak cukup, Anda bisa mengandalkan asuransi sebagai rencana cadangan.

Lalu mengapa disarankan mengambil asuransi syariah ketimbang asuransi konvensional?

Mari kita lihat lebih dalam tentang asuransi syariah berikut ini.

Mengapa Asuransi Syariah? Manfaat dan Keuntungannya

Sebenarnya terdapat banyak jenis perusahaan dan produk asuransi. Namun seiring dengan perkembangan produk syariah (misal: produk keuangan dan investasi), muncul produk asuransi syariah.

Jika Anda ragu untuk menggunakan produk syariah, coba deh kenali manfaat produk syariah. Nyatanya, produk syariah tidak kalah menguntungkan jika dibandingkan dengan produk asuransi lainnya.

Adapun beberapa keuntungannya yang umum ditemui adalah sebagai berikut:

Keuntungan Investasi Syariah #1 Tidak Mengenal Istilah Dana Hangus

Pernahkah Anda memiliki polis asuransi konvensional dan mengalami gagal bayar? Jika pernah, tentunya Anda mengetahui bahwa akan terjadi penghangusan dana apabila Anda tidak sanggup melunasi polisnya.

Dengan kata lain, Anda gagal memperoleh keuntungannya jika Anda tidak bisa membayar polisnya sampai selesai.

Hal ini tidak akan terjadi pada asuransi syariah, karena pada asuransi syariah tidak dikenal istilah dana hangus.

[Baca Juga: Pilih Kredit Emas atau Nabung Emas? Belinya di Pegadaian Atau Bank Syariah?]

Lalu, apa yang terjadi jika Anda gagal bayar polis hingga selesai? Yang terjadi adalah dana yang sudah dibayarkan, kecuali dana Tabarru’, akan kembali sepenuhnya kepada Anda.

Dana Tabarru’ tidak bisa kembali karena sudah dipisahkan untuk menolong sesama nasabah asuransi yang membutuhkan dan sudah menjadi upah atau ujrah bagi perusahaan asuransi syariah.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih asuransi syariah ketimbang asuransi konvensional jika keuangan Anda sedang mepet dan Anda tidak yakin bisa melunasi polis asuransi hingga selesai.

Keuntungan Investasi Syariah #2 Ragam Investasi dalam Asuransi Syariah

Banyak yang mengira bahwa produk investasi pada asuransi syariah tidak beragam dan tidak menguntungkan.

Kabar baiknya adalah berita tersebut tidaklah benar. Karena kini instrumen investasi yang ditawarkan dalam asuransi syariah sangatlah beragam dengan tingkat pengembalian yang beragam pula.

Selain itu, tingkat pengembaliannya berupa hasil investasi (mudharabah) yang cenderung lebih tinggi dibandingkan menabung dengan deposito.

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

#3 Tidak Mengenal Konsekuensi Telat Bayar

Proteksi yang Anda peroleh tidak akan berubah jika Anda telat bayar.

Inilah salah satu kelebihan asuransi syariah yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional.

Keamanan dana Anda terjamin dan terdapat toleransi dalam sistem pembayaran pada asuransi syariah. Anda bisa tenang dan memperoleh proteksi sebagaimana mestinya.

#4 Sistem Bagi Nisbah yang Kompetitif

Jika Anda bingung dengan prinsip keuangan syariah yang tidak mengenal kata untung, jangan khawatir!

Tentunya asuransi syariah juga memberikan pembagian nisbah yang tinggi bagi nasabahnya.

Nah, asuransi syariah menganut pembagian nisbah yang besar, biasanya mencapai 70% untuk pihak nasabah dan 30% untuk pihak asuransi.

[Baca Juga: Mau Investasi Syariah dan Menguntungkan, Coba Cek SUKRI SR-009 yang Memberikan Kupon 6,9 Persen]

Dengan demikian, asuransi syariah jelas selalu mengutamakan keuntungan nasabahnya. Anda bisa menghilangkan rasa khawatir dengan adanya produk asuransi syariah tersebut.

#5 Kontributor Dasar Dibebaskan

Salah satu kelebihan asuransi syariah lainnya yakni adanya ketentuan bahwa kontributor dasar akan dibebaskan jika terjadi ketidakmampuan total yang disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan.

Dengan kata lain, nasabah tetap akan menerima manfaat asuransi meskipun dalam situasi ketidakmampuan total. Fasilitas inilah yang tidak bisa didapatkan di asuransi konvensional.

Selain itu, Anda juga akan memperoleh penggantian biaya rumah sakit yang disebabkan kedua hal berikut ini:

    Penyakit parah, dan

    Kecelakaan

#6 Adanya Fasilitas Double Claim

Bagi Anda yang memiliki jenis asuransi dengan menggunakan kartu atau cashless, maka Anda bisa menikmati fasilitas double claim.

Double claim artinya satu polis bisa dimanfaatkan oleh satu keluarga ini pemegang polis. Apa keuntungannya?

Tentu saja biaya premi untuk satu keluarga akan jauh lebih murah jika satu polis untuk beberapa anggota keluarga ketimbang satu polis per satu anggota keluarga.

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional]

#7 100% Dana Menjadi Milik Pemegang Polis

Berbeda dengan produk asuransi konvensional, pihak perusahaan asuransi syariah disini hanya berperan sebagai pengelola dana pemegang polis.

Dengan demikian, seluruh dana yang dibayarkan oleh nasabah atau pemegang polis akan menjadi miliknya.

#8 Menganut Prinsip Syariah yakni Berbasis Tolong Menolong

Karena menganut prinsip syariah, maka asuransi syariah juga mengaplikasikan nilai-nilai Islami sesuai dengan ketentuannya.

Salah satu basisnya merupakan tolong-menolong atau disebut Ta’awun.

Dengan kata lain, dalam perusahaan syariah, para nasabah dapat saling tolong menolong jika salah satu nasabah mengalami kesulitan atau musibah.

Konsep ini dibalut dalam akad Tabarru’, dimana prinsipnya adalah memindahkan kepemilikan harta/dana seseorang kepada orang lain melalui cara hibah/derma/sedekah.

[Baca Juga: 3 + 1 Prinsip Investasi Syariah yang Harus Diketahui oleh Calon Investor. Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud Riba?]

Bantuan dalam akad Tabarru’ diberikan dengan tulus ikhlas sebagai sesama nasabah perusahaan asuransi syariah jika salah satunya mengalami kesulitan.

Dengan demikian, saat ada peserta asuransi yang mengalami kesulitan atau musibah dan mengajukan klaim, maka sesuai dengan akad yang telah disepakati, dana akan diambil dari dana Tabarru’ tadi.

Dengan demikian, Anda bukan hanya menikmati manfaat dari asuransi, namun juga bisa berbagi kebaikan dengan cara menolong yang membutuhkan.

Menarik bukan?

Banyak Keuntungan Asuransi Syariah yang Tentunya Menguntungkan Nasabah

Setelah mengenal produk asuransi syariah lebih dalam, apakah Anda tertarik untuk ikut menikmati keuntungannya?

Tentunya asuransi syariah selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan mengutamakan keuntungan nasabahnya.

Tetapi hal yang sering Anda lupakan adalah, dengan Anda bergabung menggunakan produk asuransi syariah, Anda turut membantu perusahaan asuransi syariah akan semakin bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Alhasil, Anda juga sudah berpartisipasi dalam pengembangan keuangan syariah. Nah, mengapa tidak mulai menikmati keuntungan asuransi syariah dari sekarang?

Masih ada masalah keuangan yang belum bisa diatasi? Perencana Keuangan Finansialku siap membantu! Langsung konsultasikan keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah bersertifikat.

Hubungi kami melalui Menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui link berikut ini Konsultasi Keuangan.

Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi melalui WhatsApp.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai keuntungan asuransi syariah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Yogie Respati. 25 April 2017. Empat Alasan Mengapa Kamu Perlu Asuransi Syariah. Akucintakeuangansyariah.com – https://goo.gl/VfkZEU

    Admin. 26 Maret 2017. 6 Keuntungan Yang Hanya Dimiliki oleh Asuransi Syariah. Kompas.com – https://goo.gl/fSe5ST

Sumber Gambar:

    Keuntungan Asuransi Syariah – https://goo.gl/1tCzeR

    Asuransi Syariah – https://goo.gl/dR3aD8

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News