customer.co.id – “Masuk sastra mau jadi guru ya?”, kira-kira ucapan seperti itu prospek kerja sastra Indonesia yang sering didengar.

Pada kenyataannya, tidak sedikit loh lulusan sastra Indonesia yang memiliki pekerjaan sangat menjanjikan di masa depan.

Lalu seperti apa prospek kerja lulusan jurusan ini? Glints sudah menyiapkan beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu tekuni di masa depan.

Prospek Kerja Sastra Indonesia

© Unsplash.com

Pada umumnya jurusan sastra Indonesia ini banyak yang memandang sebelah mata. Padahal, yang dipelajari dalam jurusan ini gampang-gampang susah loh.

Tidak hanya mempelajari bahasa saja, jurusan ini juga mempelajari linguistik, kajian puisi dan drama, penyuntingan, dan menganalisis permasalahan sosial dan budaya.

Nah, untuk kamu yang berminat untuk melanjutkan studi di jurusan sastra Indonesia, berikut beberapa pilihan prospek kerja sastra Indonesia selain menjadi guru:

1. Wartawan atau jurnalis

© Unsplash.com

Kemampuan dalam menulis, media massa, dan analisis permasalahan sosial budaya akan sangat membantumu dalam pekerjaan ini.

Ketika memilih prospek kerja sastra Indonesia sebagai jurnalis atau wartawan, pekerjaan kamu tidak akan hanya duduk dan menulis berita saja.

Kamu juga bisa bepergian untuk meliput suatu berita yang sedang hangat dan bertemu orang-orang penting.

Pekerjaan ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa berani dan bersedia untuk menerima tantangan apa pun.

Sebab, nantinya bisa saja kamu ditugaskan untuk meliput berita di tempat yang membuat tidak nyaman.

Ingatlah bahwa ketika kamu bekerja nanti, pastikan bahwa semua berita yang kamu tulis itu benar dan pantas untuk dilaporkan kepada masyarakat.

2. Penulis

© Unsplash.com

Masih dalam lingkup penulisan, prospek kerja sastra Indonesia lainnya yang bisa kamu tekuni adalah penulis. Kamu bisa menjadi penulis buku, scriptwriter, content writer, atau copywriter.

Dengan pengalaman dan passion kamu dalam tulis menulis, kamu juga bisa menjadi salah satu penulis terkenal seperti Dwitasari, Dewi Lestari, ataupun Andrea Hirata.

Ketertarikan akan drama atau dunia perfilman bisa membawa kamu menjadi penulis naskah hebat di kemudian hari.

Jika kamu tertarik menjadi content writer, pekerjaan ini sedang dicari di berbagai perusahaan, lho.

Sebab, dengan tulisan yang kamu juga bisa menentukan brand image perusahaan dengan tulisan yang kamu buat.

Hal serupa berlaku bagi copywriter yang bertugas menyusun kata-kata dengan tujuan promosi atau mengajak pembacanya mengakses suatu produk.

Nah, kamu bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan menulis di Glints, lho! Ada banyak perusahaan yang tengah menantikan CV terbaik darimu.

Yuk, lamar sekarang!

3. Editor

Di balik segala kesuksesan sebuah buku atau karya tulis, terdapat pula editor yang juga menjadi tulang punggung kesuksesan tersebut.

Tanggung jawab sebagai editor ini sangat penting dalam memperbaiki dan menerbitkan segala tulisan maupun gambar pendukung kamu.

Di balik tanggung jawab ini, kamu juga harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk memastikan bahwa karya tulis tersebut dapat dinikmati dengan baik.

Untuk mencapai prospek kerja untuk lulusan sastra Indonesia ini, kamu mungkin harus menapaki karier kepenulisan lainnya.

Sebab, di beberapa industri, ia memiliki syarat pengalaman dalam waktu tertentu.

4. Social media

Menurut Wayup, bidang social media dapat menjadi salah satu prospek karier bagi lulusan sastra Indonesia.

Pada awalnya, kamu mungkin akan memulai di karier untuk entry-level seperti social media officer. Jika pengalaman sudah cukup, kamu bisa menempuh jenjang yang lebih tinggi seperti social media manager.

Kamu bisa menemukan banyak lowongan di bidang social media di Glints. Yuk, lamar sekarang!

5. Advertising dan public relations

Kemampuan komunikasi membuat peluang bekerja di bidang periklanan atau advertising dan public relations terbuka bagi lulusan sastra seperti sastra Indonesia.

Hal ini diungkapkan misalnya oleh Top Universities.

6. Bekerja di instansi pemerintahan

© Pexels.com

Bagi lulusan sastra Indonesia, bekerja di instansi pemerintahan juga menjadi salah satu prospek menarik.

Kamu bisa mendaftarkan diri kamu untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan memilih pekerjaan di berbagai kementerian.

Sekarang sudah tahu kan apa saja prospek kerja sastra Indonesia yang menarik dan menjanjikan. Kira-kira kamu mau akan pilih yang mana?

Setiap jurusan dan pekerjaan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, jadi jangan membandingkan jurusan kamu dan yang lainnya, ya!

Sumber

    Type of Entry-Level Jobs for Literature Majors

    What Can You Do With an English Literature Degree?

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News