Jakarta: Peluang dalam menyambut transformasi digital bisa dilakukan dengan mengambangkan Sumber Daya Manusia (SDM) melek teknologi. Hal ini dilakukan dengan menggelar kompetisi atau perlombaan dalam mencari start up terbaik.
 
Berbagai pihak mulai melakukan edukasi dengan menggelar kompetisi seperti yang dilakukan TechConnect, sebuah ekosistem pengembangan talenta teknologi yang bernaung di bawah Sinar Mas Mining, dengan kompetisi TechConnect Hackathon untuk yang kedua kalinya.
 

TechConnect memfasilitasi kepada talenta handal khususnya di bidang informasi dan teknologi agar dapat berjejaring, bekerja sama serta berkolaborasi dengan berbagai unit bisnis TechConnect.
 
“TechConnect Hackathon adalah acara inovasi bagi komunitas teknologi yang fokus utamanya untuk menghubungkan bakat dengan sumber daya, menginspirasi suasana belajar agar orang dapat tumbuh, dan pusat pengaruh bagi pemupukan inovasi” ujar Managing Director TechConnect.  P. Swasono Satyo dikutip dari keteranganya, Sabtu, 16 Juli 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menegaskan TechConnect Hackathon juga akan terus diselenggarakan di lokasi berbeda. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan tujuan TechConnect yakni, menjaring ribuan talenta handal pada bidang informasi, teknologi, data, dan sains yang berasal dari Indonesia maupun Asia.
 
“Kompetisi ini akan terus hadir di kota-kota yang berbeda. Kami berharap dari kompetisi ini, 2000 coders bisa kami dapatkan dalam rentang waktu sekitar satu hingga dua tahun” tambah dia.
 
Pemerintah terus mendorong akselerasi transformasi digital di Tanah Air. Untuk itu, diperlukan pengembangan ekosistem digital yang melibatkan tiga komponen penting, di antaranya infrastruktur, dukungan regulasi, hingga ketersediaan talenta digital yang mumpuni.
 
Upaya mendukung transformasi digital di Indonesia juga muncul melalui program HUB.ID Accelerator 2022 yang memfasilitasi kegiatan business matchmaking bagi startup dengan mitra dari pemerintah, BUMN, swasta, dan investor dalam ekosistem startup digital Indonesia.
 
Program HUB.ID Accelerator 2022 melanjutkan promotional roadshow pada 16 Juni 2022 hingga 6 Juli 2022 di enam kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Makassar. Kegiatan ini sekaligus untuk sosialisasi kepada startup potensial.
 
Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiarna menyebut, program HUB.ID Accelerato memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis, dan investasi bagi startup digital melalui peningkatan jumlah business matchmaking dengan pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor.
 
“Banyak fitur-fitur program yang kita laksanakan di HUB.ID Accelerator dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi, yaitu menyelaraskan sinergi kebutuhan startup digital dengan mitra bisnis dan investor,” ujar dia.
 
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel A. Pangerapan mengatakan, seluruh teknologi digital yang tersedia di sekitar masyarakat sudah mulai banyak diisi oleh para pelaku industri teknologi digital dari dalam negeri.
 
“Kita patut bangga dengan semakin meningkatkan semangat ‘digital entrepreneurship’ di kalangan anak muda yang ditunjukkan semakin banyak startup digital yang bertumbuh dan juga berkembang,” kata dia.
 

(SAW)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News