KOMPAS.com – Informasi seputar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia banyak dicari pembaca. Berikut ini ulasan mengenai daftar pekerjaan yang gajinya besar.

Belum lama ini, JobStreet merilis Laporan Gaji JobStreet 2022 mengungkap 10 pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia.

Laporan Gaji JobStreet 2022 adalah informasi sekaligus panduan gaji tentang pasar ketenagakerjaan di Indonesia.

Baca juga: Penasaran Berapa Gaji Kepala Desa? Cek Besaran Gaji Perangkat Desa 2022

Laporan yang dikompilasi dari data terkini JobStreet Indonesia tersebut menganalisa dan membandingkan gaji tenaga kerja antara tahun 2020 dan 2021.

Laporan tersebut membandingkan data gaji antara kuartal I – kuartal III 2021 dan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni kuartal I – kuartal III 2020.

Semua data gaji diambil dari persyaratan gaji dari iklan lowongan kerja yang dipasang pemberi kerja di database internal JobStreet.

Baca juga: 10 Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Pencari Kerja Terbanyak

Gaji tertinggi berdasarkan industri dan spesialisasi

Industri komputer/TI mengalami peningkatan gaji yang tertinggi di semua level kepegawaian kecuali di level manajer. Laporan ini mengungkap, gaji tertinggi untuk manajer adalah di industri pertambangan.

Laporan Gaji JobStreet 2022 juga mengungkapkan, rata-rata pertumbuhan gaji berdasarkan industri dengan pertumbuhan positif di tahun 2021 adalah 6,3 persen.

Spesialisasi komputer/TI memiliki gaji rata-rata Rp 8,05 juta dan pertumbuhan gaji rata-rata tertinggi di antara semua spesialisasi pada 7,3 persen atau sekitar Rp 550.000.

Baca juga: Daftar Daerah Penyumbang TKI Terbanyak, Indramayu Juaranya

Adapun pegawai pemula (entry-level) dengan spesialisasi komputer/TI di Jawa memiliki kenaikan gaji tertinggi pada 2021 yakni naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Ini juga tergolong pekerjaan yang gajinya besar.

Adapun berdasarkan spesialisasi dan level kepegawaian, berikut daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia:

  1. Komputer/TI : Rp 5,4 juta – Rp 36 juta
  2. Rekayasa/Teknik (Engineering) : Rp 4,25 juta – Rp 36 juta
  3. Akuntansi dan Keuangan : Rp 4,2 juta – Rp 32,5 juta
  4. Jasa : Rp 4 juta – Rp 31,7 juta
  5. Ilmu Pengetahuan : Rp 4,24 juta – Rp 30 juta
  6. Pembangunan/Konstruksi : Rp 4,23 juta – Rp 30 juta
  7. Penjualan dan Pemasaran : Rp 3,6 juta – Rp 30 juta
  8. Manufaktur : Rp 4,49 juta – Rp 25 juta
  9. Seni/Media/Komunikasi : Rp 3,6 juta – Rp 16,33 juta
  10. Pelatihan/Pendidikan : Rp 3,89 juta – Rp 12 juta

Baca juga: Ini 10 Provinsi dengan Lowongan Kerja Terbanyak di Indonesia

Daftar pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia merupakan data rata-rata gaji dari level pemula hingga manajemen level C.

Itulah informasi seputar 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia sebagai panduan mengenai pekerjaan yang gajinya besar.

Dapatkan update berita unggulan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari money.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News