Wall Street Kembali Tergelincir, Investor Kabur Jelang Rilis Data Inflasi

loading…

Ilustrasi. FOTO/REUTERS

JAKARTAWall Street ditutup terkoreksi imbas investor kabur dari pasar khawatir terjadinya resesi menjelang data inflasi. Mengutip Reuters Selasa (12/7) waktu setempat, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 192,51 poin, atau 0,62%, menjadi 30.981,33, S&P 500 (.SPX) kehilangan 35,63 poin, atau 0,92%, menjadi 3.818,8 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 107,87 poin, atau 0,95%, menjadi 11.264,73.

Sementara ketiga indeks saham utama AS bergerak itu antara kenaikan dan penurunan moderat di awal sesi, mereka berbalik turun tajam di akhir hari karena laporan Harga Konsumen rilis pada Rabu setempat dari Departemen Tenaga Kerja semakin dekat, dengan pendapatan bank besar menjulang di akhir pekan. Menurut Brent Schutte, kepala investasi di Northwestern Mutual Wealth Management Company, di Milwaukee, Wisconsin, investor sedang menunggu untuk mendengar apa yang terjadi dengan CPI dan pendapatan.

“Selama beberapa bulan kami telah bolak-balik antara ketakutan inflasi dan ketakutan resesi, hampir setiap hari,” katanya. “Kami benar-benar membingungkan investor yang telah memilih untuk melakukan pemogokan pembeli,” tambah Schutte.

Baca Juga: Canelo Tantang Bivol Jagoan Rusia di Tengah Perang Rusia vs Ukraina

Sementara laporan CPI diperkirakan menunjukkan inflasi yang meningkat pada bulan Juni, apa yang disebut CPI “inti”, yang menghilangkan harga makanan dan energi yang bergejolak, terlihat menawarkan konfirmasi lebih lanjut bahwa inflasi telah mencapai puncaknya, yang berpotensi dapat meyakinkan Federal Reserve untuk melonggarkan pengetatan kebijakannya di musim gugur.

Sedangkan Paul Kim, chief executive officer di Simplify ETFs di New York, mengharapkan CPI topline tahun-ke-tahun untuk berada di kisaran delapan atau bahkan sembilan persentase yang berpotensi tinggi, dan dengan inflasi setinggi itu, The Fed hanya memiliki satu hal dalam pikiran. Kekhawatiran bahwa langkah The Fed yang terlalu agresif untuk memerintah dalam inflasi tinggi selama beberapa dekade dapat mendorong ekonomi melewati ambang resesi diperburuk oleh inversi dari imbal hasil Treasury 2 tahun dan 10 tahun sejak setidaknya Maret 2010, sinyal potensial mendekati -risiko jangka dan kontraksi ekonomi.

Pasar mengharapkan bank sentral untuk menaikkan suku bunga utama dana Fed sebesar 75 basis poin pada akhir pertemuan kebijakan Juli, yang akan menandai kenaikan suku bunga ketiga berturut-turut. Semua 11 sektor utama di S&P 500 turun, dengan saham energi (.SPNY), terbebani oleh jatuhnya harga minyak mentah, menderita persentase kerugian terbesar.

Musim pelaporan kuartal kedua akan mencapai langkah penuh di akhir pekan karena JPMorgan Chase & Co, Morgan Stanley, Citigroup dan Wells Fargo & Co memposting hasil. Sebelumnya menurut Refinitiv pada hari Jumat, analis melihat pertumbuhan pendapatan S&P tahunan agregat 5,7% untuk periode April hingga Juni, turun dari perkiraan 6,8% pada awal kuartal.

PepsiCo memulai minggu ini dengan mengalahkan perkiraan pendapatan kuartal nya dan mengumumkan akan menaikkan harga di tengah permintaan yang kuat. Saham Boeing Co melonjak 7,4% setelah pengiriman pesawat Juni pembuat pesawat itu mencapai level bulanan tertinggi sejak Maret 2019. Di sisi lain, bersama dengan penurunan harga energi, membantu indeks S&P 1500 Air Lines (.SPCOMAIR) naik 6,1%.

Pengecer pakaian Gap Inc (GPS.N) turun 5,0% setelah pengumuman bahwa CEO-nya akan mundur, dan diketahui margin akan tetap di bawah tekanan pada kuartal kedua karena biaya input. Penyedia perangkat lunak Service Now (NOW.N) anjlok 12,7% setelah pernyataan CEO-nya tentang hambatan ekonomi makro dan tekanan mata uang. Perusahaan perangkat lunak lain, termasuk Salesforce.com (CRM.N), Perangkat Lunak Paycom (PAYC.N), Intuit (INTU.O) dan Microsoft (MSFT.O), juga turun.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Melemah Jelang Rilis Data Ekonomi, Saham Twitter Rontok 11,4%

Masalah yang menurun melebihi jumlah yang meningkat di NYSE dengan rasio 1,37 banding 1; di Nasdaq, rasio 1,19 banding 1 mendukung penurunan. S&P 500 membukukan satu tertinggi baru 52-minggu dan 30 terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 13 tertinggi baru dan 145 terendah baru. Volume di bursa AS adalah 9,86 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12,79 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News