SURYA.CO.ID, GRESIK – Saat peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Petrokimia Gresik juga merayakan ulang tahunnya ke-50, yang ditandai dengan kado istimewa. Kado itu justru dari Petrokimia Gresik kepada masyarakat sekitar perusahaan berupa pembagian hewan kurban, Minggu (10/7/2022).

Penyaluran hewan kurban kepada masyarakat itu dilakukan secara serempak. Dan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kaki (PMK), maka dipastikan bahwa hewan-hewan kurban itu sudah dinyatakan sehat.

Hewan kurban diserahkan Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo kepada Ketua Takmir Masjid Nurul Jannah, Rohmad. Ada 16 ekor sapi dan 98 ekor kambing senilai Rp 882,6 juta untuk masjid, mushala, komunitas, lembaga terkait dan masyarakat sekitar perusahaan.

Dwi Satriyo mengatakan, sebelum hewan kurban dikirim, telah dipastikan kesehatannya oleh dokter hewan,sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Wabah PMK masih terjadi, sehingga untuk menghindari resiko saat dikonsumsi dan mencegah penularan, kami memastikan kesehatan hewan yang disalurkan,” kata Dwi Satriyo dalam rilis humas Petrokimia Gresik.

Menurut Dwi Satriyo, bantuan hewan kurban ini bagian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dan menjadi agenda rutin setiap Hari Raya Idul Adha.

“Tahun ini bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) Emas ke-50 Petrokimia Gresik. Bantuan hewan kurban tahun ini memiliki makna yang sangat besar. Karena menjadi wujud syukur perusahaan atas dukungan masyarakat terhadap Petrokimia Gresik selama 50 tahun berdiri,” imbuhnya.

Dwi Satriyo menambahkan, dari dukungan dan doa masyarakat, perusahaan mampu memenuhi, bahkan melampaui target-target dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan mewujudkan pertanian berkelanjutan.

Dan ia menjelaskan, kegiatan ini juga memberikan manfaat ganda bagi masyarakat. Sebab selain menjadi bentuk partisipasi aktif perusahaan dalam kegiatan keagamaan, pemberian ratusan hewan qurban ini secara tidak langsung juga mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sektor peternakan.

“Untuk itu, saya berharap masyarakat dapat terus memberikan dukungannya kepada Petrokimia Gresik, agar dapat memberikan lebih banyak manfaat,” ujar Dwi Satriyo.

Sementara pengurus Masjid Maslakul Hidayah Kelurahan Ngipik-Kecamatan Gresik, Suistono menyatakan apreasiasi dan terima kasihnya kepada Petrokimia Gresik yang setiap tahun memberikan perhatian kepada masyarakat di sekitar.

“Alhamdulillah, kami kembali mendapatkan bantuan sapi kurban. Kondisi hewannya sangat sehat dan dagingnya bagus. Untuk pembagian, daging akan kita bagikan kepada warga Kelurahan Ngipik. Semoga Petrokimia Gresik semakin berkembang,” ujar Suistono. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News