customer.co.idXi Jinping kembali terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC). Terpilihnya Xi Jinping memimpin partai penguasa China itu sekaligus menjadikannya sebagai Presiden China untuk periode ketiga.

Pengusaha asing di China menyatakan waspada terhadap tim baru yang dibentuk Xi Jinping. Lain halnya dengan di China, pengusaha Indonesia justru mengapresiasi terpilihnya kembali Xi Jinping.

Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri, Shinta Kamdani mengatakan, Indonesia dan China punya relasi bisnis yang baik. Ini berpotensi memajukan perekonomian nasional.

“Saya rasa (Xi Jinping) ini kan teman baiknya Indonesia jadi pasti akan terus maju, Indonesia kan salah satu negara prioritas juga untuk Tiongkok (China) kan untuk berinvestasi,” kata Shinta di Hotel JW Marriott, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022).

Shinta menambahkan investasi China di bawah kepemimpinan Xi Jinping tergolong besar. Dengan kepemimpinannya di periode ketiga ini, diharapkan perekonomian Indonesia bisa terdorong.

“Kalau kita lihat kan besar banget sekarang semakin tinggi investasinya. Jadi saya rasa dengan beliau diangkat untuk ketiga kalinya ini akan terus mendorong Indonesia,” katanya menambahkan.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi China per Januari-September menjadi yang terbesar kedua di bawah Singapura. China berinvestasi sebesar US$ 5,2 miliar atau Rp 81,12 triliun (kurs Rp 15.600).

Sebelumnya, Presiden Kamar Dagang Amerika di Shanghai, Eric Zheng mengatakan kepada Reuters mereka mendorong komitmen kedalaman reformasi dan keterbukaan seperti yang diungkapkan dalam pidato Xi Jinping di Kongres Partai Komunis yang berakhir Minggu.

“Namun, pada saat ekonomi China menghadapi lingkungan yang menantang, kami khawatir penggunaan alat non-pasar seperti subsidi pemerintah untuk mendukung sektor negara bisa menjadi kontraproduktif,” katanya seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (24/10/2022).

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News