customer.co.id – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melaporkan bahwa telah bertemu pengusaha Indonesia yang ada di Amerika Serikat (AS). Kesempatan itu diharapkan tambah meningkatkan perdagangan AS dan Indonesia.

Ia mengungkap AS merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia, perdagangan Indonesia dengan AS periode bulan Januari-Agustus 2022 surplus senilai US$ 13,4 miliar atau setara Rp 204 triliun (kurs Rp 15.290). Angka itu berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS).

“Saya bertolak ke New York, Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan bisnis dengan Dubes RI untuk Amerika, 50 diaspora pelaku usaha, dan bankir di KJRI New York,” tulis Zulhas di Instagram pribadinya, dikutip Sabtu (8/10/2022).

“Maka dari itu, sekarang kita tidak hanya fokus memperkuat pasar ekspor yang sudah berjalan lama, tetapi juga membuka pasar baru di Afrika, Asia Tengah, Eropa Timur, Amerika Latin, dan Timur Tengah,” jelasnya.

Sementara total perdagangan kedua negara pada periode Januari-Agustus 2022 mencapai US$ 26,11 miliar. “Momen ini diharapkan menjadi pemacu Indonesia menjadi negara maju di 2045,” pungkas Zulhas.

Pertemuan itu dilakukan pada Kamis (6/10) lalu di New York, AS. Ia meyakini, kontribusi diaspora dalam hal ini pengusaha RI di luar negeri bisa membantu perekonomian Indonesia yang sedang tumbuh setelah pandemi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News