customer.co.id – Sayuran banyak mengandung air, nutrisi, alkalinitas, kaya akan vitamin dan mineral, rendah kalori, serta tinggi serat.

Berbagai penelitian menyebut konsumsi sayuran setiap hari bermanfaat bagi kesehatan.

Bahkan sayuran juga disebut dapat mencegah atau mengobati sejumlah penyakit, termasuk jantung .

Berikut beberapa sayuran yang dikategorikan baik untuk kesehatan jantung , seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News, pada Minggu, 30 Oktober 2022.

1. Sayuran Hijau

Saat mengonsumsi sayuran hijau, serat larut dari tumbuhan menjadi bergetah serta menempel pada kelebihan kolesterol yang beredar di dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Lancet, kunci untuk kesehatan jantung yakni mempertahankan kadar kolesterol LDL rendah, karena penumpukan dapat memblokir arteri dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dari waktu ke waktu.

2. Bayam

Satu porsi bayam mengandung lebih banyak potasium dibanding pisang. Menurut American Heart Association, potasium dapat membantu meredakan stres pada dinding pembuluh darah dan membantu tubuh membuang kelebihan sodium. Kadar sodium yang tinggi bisa menyebabkan retensi atau masalah cairan.

3. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C dan vitamin E yang memiliki efek antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan seperti brokoli ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan melawan radikal bebas yang merusak sel.

Jika radikal bebas merusak kolesterol yang ada di dalam arteri, sistem kekebalan tubuh mungkin mengiranya sebagai penyerbu dan penyerang. Sayuran cruciferous termasuk brokoli dapat mengerem semua itu.

4. Bok Choy

Bok choy membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan memiliki sifat anti-kanker. Kubis putih Cina ini dikemas dengan folat, banyak vitamin, dan bahkan kalsium.

Ketika memasak bok choy, disarankan menggunakan cuka sari apel atau lemon. Asam membuat nutrisi dalam sayuran lebih mudah diserap dan hidangannya bahkan menjadi lebih enak.

5. Buncis

Polong kecil di dalam buncis adalah legum bertepung yang penuh dengan serat dan folat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung .

Buncis juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, B, dan C serta senyawa yang disebut lutein.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hypertension Prekursor, vitamin A membantu melawan peradangan dan dapat membantu mencegah hipertensi melalui sifat antioksidan serta anti-inflamasinya.***

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News