customer.co.id – Pola makan maupun menu makanan yang kita pilih secara keseluruhan ternyata sangat berperan penting dalam mempercepat atau memperlambat penuaan.

Misalnya, diet seimbang yang penuh dengan serat, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan antioksidan dapat membantu mencegah penuaan dini sekaligus menurunkan peluang kita terkena penyakit terkait usia.

Di sisi lain, pola makan yang terdiri dari gula tambahan yang berlebihan, makanan olahan, dan lemak jenuh dan lemak trans dapat berkontribusi pada proses penuaan yang lebih cepat dan kemungkinan penyakit yang berkaitan dengan usia yang lebih tinggi.

Nah, jika kita sedang mencari beberapa ide mudah tentang cara memasukkan lebih banyak makanan sehat ke dalam diet, cobalah beberapa camilan kaya nutrisi yang ampuh menghambat penuaan dini, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Hummus dan sayuran

Sepiring hummus dan sayuran sederhana adalah camilan super cepat dan mudah yang juga sehat, serta penuh nutrisi.

“Camilan ini menyediakan lemak sehat dan antioksidan, yang keduanya merupakan kontributor utama bagi kesehatan otak, dengan lemak sehat yang dikenal untuk membuat otak beroperasi lebih efisien.”

Demikian penuturan ahli gizi di Balance One Supplements, Trista Best, MPH, RD, LD.

“Antioksidan dalam sayuran juga membantu mengurangi peradangan yang mungkin ada dan merusak otak,” sambung dia.

Semua sayuran dapat memberikan susunan antioksidan dan vitamin yang unik, tetapi beberapa sayuran yang dikenal sebagai yang terbaik dalam hal memperlambat penuaan adalah sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli.

2. Rasberi

Jika kita mencari camilan manis yang tidak mengandung gula tambahan, buah seperti rasberi bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

“Rasberi mengandung antioksidan yang tinggi, yang telah terbukti mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas dalam tubuh,” kata ahli gizi dan penulis di Go Wellness, Courtney D’Angelo, MS, RD.

“Buah beri ini juga mengandung vitamin C yang tinggi, yang juga telah terbukti memperlambat penuaan kulit dan dapat membantu mengurangi keriput, serta kekeringan kulit,” ujar dia.

Secara keseluruhan, buah beri yang tinggi antioksidan dapat menenangkan kulit dan membantu memberikan penampilan kulit yang lebih awet muda.

3. Telur rebus

Menurut Best, fokus pada pemeliharaan otot yang sehat adalah bagian penting dari proses penuaan.

“Kita memiliki lebih dari 600 otot dalam tubuh. Jadi, menjaga otot-otot itu tetap sehat dengan apa yang kita berikan kepada diri kita sendiri sangat penting bagi penuaan yang sehat,” ungkapnya.

“Sebab, otot yang sehat dapat membuat kita menggerakkan tubuh sedemikian rupa untuk mengurangi risiko penyakit, kelemahan, dan penambahan berat badan,” jelas dia.

Maka dari itu, mengonsumsi protein tanpa lemak dan mendapatkan cukup protein dalam setiap makanan sangatlah penting.

Untuk camilan sehat dan berprotein tinggi yang akan membuat kita merasa lebih kenyang, telur rebus adalah pilihan yang sangat baik.

“Camilan ini memenuhi definisi protein tanpa lemak dengan memiliki lemak jenuh yang rendah, tanpa lemak trans, dan jumlah protein yang signifikan,” tambahnya.

4. Greek yogurt

Greek yogurt sangat lembut, lezat, tinggi protein, dan rendah gula.

“Yogurt ini juga mengandung probiotik, yang baik untuk kesehatan usus, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit,” kata D’Angelo.

“Terutama probiotik dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, sehingga membantu memperlambat munculnya penuaan,” terangnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microorganisms, ditemukan, probiotik tidak hanya dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma usus, tetapi juga dapat berdampak positif pada fungsi kekebalan tubuh seiring bertambahnya usia.

5. Legume

Legume seperti kacang hitam, chickpea, dan lentil kaya akan protein nabati maupun serat, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kita di segala usia.

Menurut Best, makanan-makanan ini mungkin juga memiliki manfaat kesehatan tulang.

“Legume penuh dengan semua mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tulang seperti kalsium, magnesium, dan serat.”

“Mineral-mineral ini juga sangat penting untuk perkembangan tulang yang baik dan mencegah keropos tulang,” kata Best.

“Legume mungkin awalnya tidak terdengar seperti makanan ringan, tetapi ada banyak pilihan makanan ringan berbahan dasar legume di pasaran,” sambung dia.

6. Protein bar

D’Angelo mengungkapkan bahwa protein bar adalah camilan sehat karena berbagai alasan seperti membantu membangun otot tanpa lemak dan membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, protein juga dapat memperkuat tingkat kolagen yang membantu kulit lebih kencang dan tidak mudah keriput.

Jika kita membutuhkan dorongan protein dan ingin memilih protein bar, ada banyak pilihan rendah gula dan tinggi serat di luar sana.

“Pilihlah yang tidak memiliki terlalu banyak gula tambahan karena gula tambahan dapat mempercepat proses penuaan,” jelas dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News