customer.co.id – Kopi nampaknya bukan sekadar minuman anti ngantuk biasa.

Pasalnya, kopi memiliki segudang manfaat, mulai dari manfaat kesehatan, hingga manfaat bagi kulit dan rambut yang didapat dari kafein dan bubuk kopi.

Adapun beberapa manfaat kecantikan kulit dan rambut dari kopi adalah mampu membantu kita melawan selulit, penuaan kulit, kulit mati, dan rambut yang kusam.

Bahkan, manfaatnya ini membuat kopi sering dijadikan bahan baku kosmetik, baik kosmetik kimia yang tersedia di pasaran, dan kosmetik rumahan buatan sendiri.

Untuk lebih memahami soal manfaat kopi untuk kecantikan kulit dan rambut, simak penjelasan berikut ini.

Kafein , bahan aktif dalam kopi

Saat ini, bukan lagi hal aneh jika kita menemukan produk kosmetik dengan kandungan kafein, bahan aktif yang dapat melangsingkan dan mengencangkan kulit.

Biasanya, kafein ditemukan pada krim, gel, dan produk kecantikan lainnya yang dirancang untuk menghilangkan lemak di pinggul, paha, atau bokong. Selain itu, kafein juga biasa ditemukan pada produk anti-selulit yang akan membantu memperbaiki warna atau mengencangkan kulit penggunanya.

Kafein juga biasanya ditemukan dalam beberapa produk perawatan wajah yang mengklaim dapat membantu melawan kulit kendur, memperbaiki penampilan area kontur mata, serta mengurangi pembengkakkan dan mata hitam.

Biasanya, produk-produk tersebut akan bekerja lebih baik setelah didiamkan dalam lemari es selama beberapa jam.

Mencarinya pun tidak sulit. Sebab, produk-produk dengan kafein, mulai dari krim, masker, hingga pembersih wajah pun kini bisa didapatkan dengan harga cukup terjangkau di pasaran.

Bubuk dan ampas kopi.

Manfaat kopi bukan hanya bisa didapatkan dari produk yang dijual di pasaran, tapi juga dengan DIY beauty alias membuat produk kecantikan sederhana sendiri di rumah.

Caranya, dengan memanfaatkan bubuk atau ampas kopi.

Ya, berkat kandungan kafeinnya yang tinggi, bubuk kopi juga dapat menawarkan berbagai manfaat yang sama dengan deretan manfaat kopi bagi kulit dan rambut di atas.

Namun tidak hanya itu. Bubuk kopi juga kaya akan antioksidan, yang mampu melawan berbagai dampak penuaan kulit.

Sementara itu, ampas kopi dengan tekstur uniknya, dapat berfungsi sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati.

Kita hanya perlu mencampurnya dengan bahan lain, seperti berikut ini:

  • Putih telur untuk masker
  • Minyak sayur dan madu untuk scrub tubuh dan wajah

Bahkan, kita bisa langsung menggunakannya tanpa campuran untuk melakukan eksfoliasi pada kulit kepala dan membuat rambut semakin bersinar.

Kita juga bisa melihat berbagai resep DIY Beauty yang memanfaatkan kopi lainnya di media sosial seperti TikTok, mulai dari masker hingga scrub yang dibuat dari biji kopi atau larutan kopi. Bahkan, beberapa resep tersebut telah teruji kebenarannya.

Bisa dicoba.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News