customer.co.id – Gaya Hidup – Resep donat kampung menjadi salah satu ide membuat camilan yang pas untuk dilakukan di rumah. Di tengah gempuran berbagai jenis camilan modern dengan berbagai kreasi, donat kampung tetap memiliki penggemarnya sendiri.

Rasanya yang sederhana dan klasik membuat donat kampung seolah tak lekang termakan perkembangan zaman. Buktinya, jenis donat yang satu ini masih banyak ditemukan di berbagai warung kelontong maupun penjual donat keliling.

Selain tak lekang oleh zaman, donat kampung juga dapat dibuat sendiri dan bisa dikreasikan dengan berbagai macam bahan lainnya sesuai kreativitas yang membuatnya. Ingin coba membuat aneka resep donat kampung di rumah? Berikut ini 4 kreasi resepnya yang bisa kamu coba!

4 Resep Donat Kampung Aneka Kreasi

1. Resep Donat Kampung Original

Kreasi yang pertama adalah resep donat kampung original. Seperti namanya, donat kampung yang satu ini dibuat tanpa menggunakan aneka topping tambahan dan murni hanya donat saja.

Donat kampung jenis ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka manis. Lantas seperti apa cara membuatnya? Berikut ini bahan dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu protein sedang

– 10 gram susu bubuk

– 5 gram ragi instan

– 30 gram gula pasir

– 1 butir telur

– 200 ml air

– 25 gram margarin

– 1/4 sdt garam

– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat donat kampung original:

1. Ambil sebuah wadah dan tuangkan bahan-bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, ragi instan, dan gula pasir ke dalam wadah. Aduk semua bahan tersebut sampai merata.

2. Lanjutkan dengan menambahkan telur serta air dengan sedikit demi sedikit. Jika dirasa sudah pas, hentikan menuangkan air dan silahkan uleni adonan hingga setengah kalis.

3. Tambahkan margarin dan garam, kemudian lanjut uleni kembali hingga kalis elastis. Setelah itu diamkan adonan itu selama kurang lebih 25 menit sampai 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

4. Kempiskan adonan terlebih dahulu, dan bagi menjadi beberapa bagian dengan berat masing-masing sekitar 30 gram sampai 40 gram.

5. Bentuk adonan menjadi bulat dan sedikit agak dipipihkan. Lakukan hal ini hingga semua adonan habis. Setelahnya, diamkan selama 10 menit, dan lubangi bagian tengahnya dengan jari atau dengan pelubang donat.

6. Kemudian barulah goreng semua donat tersebut ke dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang saja. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.

7. Angkat donat-donat tersebut dan tata di atas piring. Selesai, donat kampung original siap untuk disantap.

2. Resep Donat Kampung Meses

Selanjutnya merupakan kreasi resep donat kampung yang cukup umum ditemukan, yakni donat kampung dengan topping meses. Bahan pembuatnya mudah ditemukan, dan cara membuatnya pun tidak sulit.

Meski bahan dan cara pembuatannya sederhana, donat kampung meses menjadi salah satu kreasi donat yang banyak ditemukan dimana-mana dan menjadi favorit banyak kalangan. Bagaimana langkah pembuatannya? Yuk, simak caranya berikut ini.

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu protein tinggi

– 50 gram tepung terigu protein sedang

– 1 butir telur

– 6 gram ragi instan

– 50 gram gula pasir

– 20 gram susu bubuk

– 40 gram margarin

– 160 ml air es

– 1/4 sdt garam

Bahan untuk topping:

– Margarin secukupnya

– Meses secukupnya

Cara membuat donat kampung meses:

1. Siapkan sebuah wadah terlebih dahulu, kemudian campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk ke dalamnya. Aduk semua bahan itu hingga tercampur sempurna.

2. Kemudian masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan menggunakan mixer dengan kecepatan yang rendah. Selain dengan menggunakan mixer, kamu juga bisa menguleni adonan tersebut dengan tangan sampai menyatu.

3. Masukkan margarin dan garam, kemudian lanjutkan menguleni adonan hingga elastis.

4. Setelah dirasa sudah tercampur dengan merata, bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan masing-masing beratnya sekitar 45 gram.

5. Bentuk adonan menjadi bulat, kemudian tata di atas kertas roti yang sudah ditaburi dengan tepung terigu sebelumnya. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

6. Jangan lupa untuk melubangi bagian tengah donat yang sedang dibuat dengan menggunakan jari. Kemudian diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang dan berukuran dua kali lipat lebih besar.

7. Jika sudah mengembang, panaskan minyak goreng di atas wajan dan goreng donat dnegan menggunakan api sedang. Biarkan donat digoreng sampai matang salah satu sisinya, kemudian balik ke sisi lainnya dan tunggu sampai sisi tersebut juga matang. Setelah itu angkat donat tersebut.

8. Diamkan donat kampung tersebut sampai agak dingin, kemudian oleskan dengan margarin dan lanjut taburi dengan meses yang sudah disiapkan.

3. Resep Donat Kampung Bomboloni

Ada pula kreasi resep donat kampung bomboloni. Jenis donat bomboloni sedikit berbeda dengan donat pada umumnya, karena donat jenis ini tidak dilubangi bagian tengahnya.

Donat bomboloni justru dilubangi sedikit di bagian sampingnya untuk memasukkan isian ke dalam donat. Penasaran dengan cara membuatnya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu protein tinggi

– 50 gram margarin

– 50 gram gula pasir

– 15 gram susu bubuk

– 1 butir telur

– 1 sdt vanili bubuk

– 1/2 sdt garam

– 6 gram ragi instan

– 100 gram susu cair

– Selai dengan rasa apapun sesuai selera.

Cara membuat donat kampung bomboloni:

1 Campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, vanili bubuk, ragi instan, dan gula pasir ke dalam wadah. Aduk semua bahan tersebut sampai merata.

2. Setelah itu masukkan susu cair dan telur sedikit demi sedikit. Lanjutkan dengan menguleni adonan hingga kalis.

3. Tambahkan margarin dan garam, kemudian terus uleni kembali hingga kalis elastis. Diamkan adonan donat selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan berat masing-masing sekitar 50 gram.

5. Bentuk adonan menjadi bulat dan lakukan hal ini hingga semua adonan habis dan diamkan selama 40 menit. Untuk membuat donat kampung bomboloni tidak perlu melubangi bagian tengahnya seperti donat pada umumnya, sehingga cukup dibiarkan bulat seperti itu.

6. Kemudian silahkan goreng semua donat ke dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang saja. Goreng hingga matang kecoklatan

7. Angkat donat-donat tersebut dan lubangi sedikit di bagian samping dan isi bagian dalam donat kampung bomboloni dengan selai. Bisa menggunakan selai coklat, stroberi, maupun selai lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

8. Donat kampung tersebut bisa dihiasi lagi bagian atasnya dengan gula halus untuk mempercantik tampilannya. Selesai, donat kampung bomboloni yang lezat sudah siap disantap. (bbi)

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News