California dan Oregon merupakan dua dari beberapa negara bagian yang sedang mengupayakan untuk mendapatkan tambahan vaksin cacar monyet yang disediakan oleh pemerintah federal.

Ketua Majelis Negara Bagian California Anthony Rendon meminta pemerintah federal untuk mengumumkan keadaan darurat publik berkaitan dengan penyakit tersebut.

Pakar epidemiologi Oregon, Dr. Dean Sidelinger, mengatakan negara bagian itu ingin “mampu beralih ke sikap yang lebih preventif” dengan lebih banyak vaksin tersedia.

Menurut Pengawas Distrik Los Angeles Hilda Solis, Los Angeles County kini melaporkan 120 kasus cacar monyet yang terkonfirmasi.

Sementara itu, Oregon telah mengonfirmasi 32 kasus di negara bagian itu.

Kedua negara bagian itu menekankan strategi penjangkauan bagi komunitas yang paling berisiko.

Para pejabat kesehatan Amerika Serikata, pada Jumat (15/7) lalu, mengumumkan bahwa lebih dari 100.000 dosis vaksin cacar monyet sedang dikirim ke sejumlah negara bagian. Mereka mengakui pasokan vaksin yang ada saat ini belum sesuai dengan permintaan yang disampaikan pemerintah negara bagian New York, California dan negara-negara bagian lainnya.

Cacar monyet merupakan penyakit endemik di beberapa bagian Afrika, di mana orang tertular lewat gigitan hewan pengerat atau hewan berukuran kecil. Biasanya penyakit ini tidak menyebar dengan mudah di antara manusia.

Tetapi, pada tahun ini terdapat lebih dari 12.000 kasus dilaporkan di sejumlah negara yang secara historis tidak pernah mengalami penyakit tersebut. Infeksi muncul pada laki-laki yang berhubungan seks sesama jenis di sejumlah acara di Eropa, meskipun pejabat kesehatan telah menegaskan bahwa siapa pun dapat tertular virus ini.

Pada Jumat lalu, lebih dari 1.800 kasus dilaporkan di AS, di mana ratusan kasus bertambah setiap harinya. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS, hampir semua penderita adalah laki-laki yang sebagian besar memiliki hubungan sesama jenis.

Para pakar yakin jumlah kasus sesungguhnya jauh lebih besar dibanding yang dilaporkan.

Mereka yang menderita cacar monyet kemungkinan akan mengalami demam, nyeri, rasa kedinginan dan kelelahan. Banyak diantara mereka memiliki benjolan seperti jerawat di banyak bagian tubuh. Tidak ada kasus meninggal dunia, dan pada banyak laki-laki kasus ini relatif ringan. [em/rd]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News