customer.co.id – Julukan bagi setiap negara di dunia sudah umum digunakan untuk mengenali lebih dalam identitas dan keunikan negara tersebut. Julukan in bisa diambil dari letak geografis, kondisi alam, budaya, hingga sejarah masyarakat itu sendiri.

Contohnya saja Islandia, dari letak geografis, negara ini termasuk dan disebut sebagai negara nordik. Sedangkan dari kondisi alam, Jepang bisa menjadi contoh karena sebutannya sebagai negeri matahari terbit. Hal ini karena wilayah Jepang yang terletak di timur China dianggap menjadi tempat pertama yang dapat menyaksikan matahari terbit.

Tetapi masih banyak negara-negara lain dan julukan masing-masing yang mungkin belum pernah kita dengar, bahkan terkesan unik, aneh, dan lucu di telinga. Berikut ini beberapa julukan unik negara di dunia.

1. Hermit Kingdom

Hermit Kingdom merupakan julukan unik dari negara Korea Utara. Korea Utara sendiri merupakan negara paling tertutup di dunia. Karena sikapnya yang tertutup, Korut disebut sebagai Hermit Kingdom atau Negeri Para Petapa.

2. Land of Poets

Land of Poets merupakan julukan dari negara Chili. Hal ini dikarenakan Chili memiliki banyak penulis. Dua di antaranya bahkan meraih Nobel Proze dalam bidang sastra.

3. The Rainbow Nation

The Rainbow Nation pertama kali dicetuskan oleh seorang Uskup Agung Afrika Selatan yang bernama Desmond Tutu pada 1994 untuk menggambarkan multikultural Afrika Selatan. Julukan tersebut diberikan setelah dihapuskannya undang-undang Apartheid.

4. The Heart of South America

The Heart of South America merupakan julukan untuk negara Paraguay. Paraguay sendiri berada persis di tengah Benua Amerika bagian Selatan, orang-orang sepakat memberi julukan The Heart of South Amerika.

5. The Land of Smile

Thailand dijuluki sebagai negeri yang ramah sehingga disebut sebagai The Land of Smile. Thailand sangat ramah kepada turis asing yang datang ke negaranya.

6. The Kingdom In The Sky

Julukan unik negara di dunia selanjutnya yaitu Leshoto. Ia merupakan satu-satunya negara yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas pemukaan laut sehingga disebut sebagai The Kingdom In The Sky.

7. The Bread Basket of Europe

Julukan keranjang roti Eropa atau The Bread Basket of Europe diberikan kepada negara Slovenia. Hal ini karena merupakan salah satu negara penghasil gandum terbaik di Eropa bahkan dunia.

8. Teardrop of India

Julukan Teardrop of India dipilih karena bentuk negara Sri Lanka menyerupai tetesan air. Sri Lanka sendiri berada persis di bawah India.

9. Zamrud Khatulistiwa

Negara Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa. Negara ini juga memiliki banyak julukan lain di mata dunia yaitu Heaven on Earth, Negeri Seribu Pulau, Negeri Seribu Candi, Paru-paru Dunia, Macan Asia Tertidur, dan Negara Megabioversitas (negara yang memiliki keanekaragaman hayati terkaya di dunia).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News