customer.co.id – Terungkap ada 679.180 data yang diunggah Bjorka di forum peretas. Data-data tersebut tersimpan dalam file berukuran 189 MB yang dikompresi menjadi 40 MB.

Selayaknya bocoran data yang lain, Bjorka juga mengunggah sample dari file menggegerkan tersebut. Sample ini memberikan gambaran dokumen apa saja yang dibocorkan oleh Bjorka.

Seperti dilihat Suara.com di akun Twitter @txtdaripemerintah, ada 9 jenis dokumen yang diklaim diretas Bjorka. Bahkan dua di antaranya merupakan dokumen dari BIN yang diklaim sebagai “Surat Rahasia” dan disampaikan menggunakan amplop tertutup.

Berikut adalah rincian dokumen yang disebut dibocorkan Bjorka di forum peretas:

Insiden ini juga membuat publik semakin tidak percaya dengan keamanan siber Indonesia, sampai ada yang meyakini Bjorka bisa menyelidiki dalang pembunuhan Munir atau kasus rumit di Indonesia lebih cepat dari para penegak hukum.

Besok-besok Bjorka bocorin dalang pembunuhan munir,” celetuk @txtdaripemerintah.

Mending bjorka ini di hire aja buat ngungkap konsorsium sambo. Keknya lebih cepet dia daripada polri yang kerja,” komentar warganet.

Gatau bjorka yang jago apa emang pemerintah aja webnya ampas,” ujar warganet.

Mas bjorka tolong sekalian bocorin naskah supersemar yang asli ya,” timpal yang lainnya.

BIN Pastikan Klaim Bjorka Hoaks

Juru Bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, ikut angkat bicara mengenai dokumen-dokumen rahasia yang diunggah Bjorka tersebut. Ia memastikan telah memeriksa perihal kebocoran data yang terjadi dan hasilnya ternyata berbeda. Apalagi karena BIN selalu menggunakan nama samaran di dokumen-dokumen mereka.

“Kalau kami, memang begitu mendengar itu, langsung mengecek di lapangan apa yang terjadi pada ternyata setelah kita cek datanya ngaco, kami langsung menyampaikan bahwa data itu hoaks datanya nggak betul,” jelas Wawan, Sabtu (10/9/2022).

“Kami kan selalu samaran data, yang jelas gitu, lalu kita menggunakan samaran. Sehingga saya pastikan bahwa itu tidak betul,” tegasnya melanjutkan.

Bantahan yang sama juga sempat disampaikan Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. “Nanti pihak Sekretariat Negara akan menyampaikan. Tidak ada isi surat-surat yang bocor,” terang Heru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News