customer.co.id – eiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), berbagai alat serta perlengkapan yang canggih terus ditemukan. Kemajuan ini pun semakin memudahkan kehidupan manusia.

Berbagai kecanggihan tersebut memungkinkan manusia untuk melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan ilmu dan teknologi, muncullah berbagai industri yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Manusia sebagai subjek dan objek iptek

Sebagai subjek, manusia melakukan penelitian-penelitian dan pengembangan iptek di berbagai bidang.

Manusia menemukan beraneka macam inovasi untuk menjadikan iptek semakin maju sehingga manfaatnya dapat dirasakan kembali oleh manusia yang juga merupakan objek iptek.

Berikut beberapa contoh manusia sebagai subjek dan objek iptek .

Bidang pertanian, peternakan dan perikanan

Di bidang pertanian, dibuatnya alat pertanian yang canggih, seperti traktor, mesin penumbuk padi, alat pemotong dan penanam, dan lain-lain, membuat manusia dapat menggunakan waktu dan tenaganya lebih efektif dan efisien.

Selain itu, dengan teknik pemuliaan yang semakin canggih, dapat ditemukan bibit unggul bermacam-macam jenis, seperti padi, kelapa hibrida, ayam ras, sapi perah, dan lain-lain.

Ditemukannya teknologi pengolahan pasca panen, seperti pengalengan ikan, buah, daging, dan sebagainya, juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia.

Bidang kedokteran dan kesehatan

Dengan menciptakan alat-alat kedokteran mutakhir yang semakin canggih dan bermacam-macam obat, berbagai penyakit dapat dengan segera disembuhkan.

Penemuan-penemuan di bidang kedokteran juga dapat menurunkan angka kematian dan mortalitas.

Bidang telekomunikasi

Keberadaan televisi dan radio membuat manusia dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh.

Selain itu, adanya telepon dan telepon selular juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat.

Dengan begitu, penggunaan waktu dan tenaga menjadi sangat efisien.

Bidang pertahanan dan keamanan

Beraneka macam alat atau persenjataan yang sangat canggih diciptakan untuk mempertahankan keamanan wilayah dan menjaga kedamaian dunia dengan baik.

Sayangnya, senjata-senjata tersebut terkadang disalahgunakan atau digunakan secara sewenang-wenang.

Referensi:

  • Setiadi, Elly M., Kama Abdul Hakam dan Ridwan Effendi. 2017. Ilmu Sosial & Budaya Dasar: Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News