Suara.com – Penasaran dan ingin tahu soal Universitas Negeri Semarang (Unnes)? Simak profil Unnes, salah satu kampus di Jawa Tengah berikut ini.

Unnes adalah kampus pendidikan, yang sangat cocok bagi kamu yang bercita-cita ingin menjadi seorang guru.  Tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk kamu yang mau mengambil jurusan ilmu murni, karena Unnes juga punya banyak sekali fakultas dengan akreditasi A yang bisa kamu pilih.

Sejarah Unnes

Ternyata, jauh sebelum menjadi universitas, Unnes ini dulunya lebih terkenal dengan nama IKIP Negeri Semarang dan hanya mempunyai beberapa fakultas saja. Tepatnya pada tanggal 1 Januari 1961, didirikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Diponegoro.

Baca juga:
Maba Unnes Viral di Twitter, Bawa Poster Tolak Kekerasan Seksual

Satu tahun kemudian, Menteri Pendidikan dan Pengajaran (PD&K) mendirikan sebuah lembaga pendidikan guru yang baru, yaitu Institut Pendidikan Guru (IPG) dengan fungsi dan tujuan yang sama dengan FKIP.

Kemudian untuk menghindari dualisme dalam pendidikan guru, dikeluarkanlah Keputusan Nomor 1/1963 oleh Presiden RI yang berisi tentang penyatuan FKIP dan IPG menjadi IKIP pada tanggal 3 Januari 1963. Oleh karena itu, FKIP Undip menjadi IKIP Yogyakarta cabang Semarang dan Surakarta.

IKIP Yogyakarta cabang Semarang pun berkembang sangat pesat. Dan supaya lebih terarah, Menteri PTIP menerbitkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 40 tahun 1965 tanggal 8 Maret 1965 yang menetapkan IKIP Yogyakarta cabang Semarang menjadi IKIP Semarang.

IKIP Semarang ini baru terdiri dari 6 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta, Fakultas Keguruan Teknik.

Kemudian, IKIP Semarang menjadi Unnes setelah diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999. Pada saat itu, IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang yang disingkat menjadi Unnes.

Baca Juga:
Wakil Rektor Unnes Ikut Audisi Stand Up Comedy Kompas TV, Amankan Silver Ticket

Akreditasi Unnes

Akreditasi menjadi salah satu indikator wajib yang perlu dilihat saat ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Akreditasi adalah suatu penilaian yang diberikan oleh lembaga berwenang seperti BAN PT kepada Perguruan Tinggi.

Saat ini, Universitas Negeri Semarang telah Terakreditasi “A” berdasarkan surat keputusan nomor 3174/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

Jurusan dan Lokasi Kampus Unnes

Universitas Negeri Semarang ini melaksanakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi, hadir dengan 8 fakultas, 85 program studi, dan program pascasarjana. Nama-nama fakultas di lingkungan Unnes, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)
  • Fakultas Teknik (FT)
  • Program Pascasarjana.

Penamaan fakultas di lingkungan Unnes telah diputuskan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja UNNES dan Nomor 255/O/2000 tentang status Unnes. Disusul dengan terbentuknya Fakultas Hukum (FH) yang diresmikan oleh Rektor Unnes pada tanggal 14 Desember 2007 lalu.

Kampus utama Unnes terletak di wilayah bagian selatan Kota Semarang, tepatnya di daerah Sekaran (Gunungpati). Sementara kampus lainnya terletak di Kemandungan (Tegal), Ngaliyan (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang), dan juga Kelud (Semarang).

Berapa Biaya Kuliah di Unnes?

Unnes telah menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) berkeadilan yang dibagi menjadi 7 kategori. Tentunya, penggolongan UKT ini berdasarkan keadaan ekonomi mahasiswa yang dibuktikan dengan berkas-berkas tertentu. UKT Unnes dimulai dari angka Rp 500.000. Sangat terjangkau, bukan?

Dapatkan informasi tentang profil Unnes, untuk info lebih lengkap anda dapat mengunjungi laman https://unnes.ac.id/.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News