AOC Kualanamu: Penerbangan umrah mulai bergairah di tengah pandemi

Medan (ANTARA) – Komite Operator Penerbangan (AOC) Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, menyatakan penerbangan umrah dari bandara setempat langsung ke Arab Saudi mulai bergairah di tengah pandemi COVID-19.

“Maskapai Lion Air hari ini terbang melayani rute internasional KNO/MED (Kualanamu/Madinah),” terang Ketua AOC Kualanamu, Rahmat Iskandar di Medan, Selasa.

Tercatat pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 0084 tujuan Bandar Udara Internasional Madinah, Arab Saudi lepas landas dari Bandara Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Selasa (9/8) pukul 13.40 WIB.

Baca juga: Arab Saudi buka seluas-luasnya kuota umrah 1444 H

Sebelumnya akhir pekan lalu sebanyak 413 orang jamaah umrah diberangkatkan dalam satu pesawat dari Bandar Udara Internasional Kualanamu langsung ke Madinah menumpangi pesawat Lion Air JT 0084 pukul 13.40 WIB.

Sementara penerbangan umrah perdana di Bandara Internasional Kualanamu dengan pesawat Lion Air JT 1112 membawa 424 orang di Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Selasa (24/5) pukul 9.30 WIB.

Baca juga: Bandara Kualanamu terbangkan 413 orang untuk umrah ke Madinah

“Ketiga frekuensi itu, masih carteran. Mungkin habis musim haji di pertengahan Agustus ini, sudah ada schedule (jadwal) sepekan berapa kali dengan Lion Air,” tuturnya.

Diketahui, penerbangan umrah sebelum pandemi COVID-19 di Bandar Udara Internasional Kualanamu dilayani oleh tiga maskapai, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, dan Saudi Arabia dengan frekuensi terbang 12 kali dalam sepekan.

“Cukup tinggi memang animo masyarakat di Sumatera bagian Utara ini. Apalagi daftar tunggu haji semakin panjang berkisar antara 15 sampai 20 tahun,” kata Rahmat.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News