Suara.com – Di dalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang dipercaya memiliki keutamaan serta manfaat tersendiri bagi yang mengamalkan, salah satunya yaitu ayat kusi. Bacaan ayat kusi ini dapat diamalkan sebagai dzikir sehari-hari. Di era teknologi saat ini, kita dapat dengan mudah menemukan format ayat kursi MP3 di media sosial. 

Ayat kursi sendiri merupakan bagian dari surat Al Baqarah ayat 255. Meskipun tidak ada keterangan pasti dalam Al-Qur’an yang menyebut tentang keutamaan ayat kursi, tetapi ayat ini adakah sebagian dari ayat Al-Qur’an yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan merupakan ayat penting bagi umat muslim. 

Keistimewaan ayat kursi ini disebutkan Rasulullah dalam sebuah hadits yang artinya: 

Atsar atau perkataan sahabat yang disandarkan kepada Nabi Muhammad dari Ali dari Abu Ubaid menyatakan “Ayat Kursi diberikan kepada Nabimu dari tempat penyimpanan yang berada di bawah Arsy, dan tidak diberikan kepada seorang pun sebelumnya”. 

Baca Juga:
MP3 Juice: Bisa Download Video YouTube MP3 Tanpa Aplikasi, Anti Ribet!

Bacaan Ayat Kusi Latin dan Artinya 

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim. 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255). 

Waktu yang Dianjurkan untuk Membaca Ayat Kursi 

Terdapat waktu yang dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca ayat kursi. Berikut ini waktunya: 

Baca Juga:
SSSTikTok: Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis dan Cepat!

1. Saat Pagi dan Petang 

Umat islam dianjurkan untuk membaca ayat kursi saat pagi dan petang. Waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk membacanya. Hal ini ditegaskan dalam hadits yang artinya: 

Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655) 

2. Sebelum Tidur 

Waktu terbaik untuk membaca ayat kursi selanjutnya yaitu sebelum tidur. Karena Allah akan menyertakan Malaikat penjaga bagi siapapun yang membacanya sehingga setan tidak dapat mendekatinya hingga pagi. 

3. Setelah Selesai Sholat 

Umat muslim setelah selesai sholat dianjurkan untuk membaca ayat kursi. Ayat ini juga dapat dijadikan sebagai dzikir. 

Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44). 

Manfaat Ayat Kursi 

Sebagaimana dijelaskan di atas, ayat kursi memiliki keistimewaan dan manfaat bagi umat islam. Berikut ini beberapa manfaatnya: 

1. Sebagai penjaan Allaj sepanjang waktu tidur 

Setiap muslim yang rutin membaca Ayat Kursi sebelum ia terlelap di malam hari, akan mendapatkan jaminan penjagaan dari Allah SWT sepanjang waktu tidurnya. Setan tidak akan mampu menggodanya hingga waktu pagi/subuh tiba. 

2. Melindungi sepanjang hari 

Ayat Kursi menjadi pelindung bagi setiap umat muslim yang membaca di pagi sebelum beraktivitas dan petang sebagai bagian dari dzikir harian. Jika dibaca pada pagihari, maka dia akan dilindung Allah hingga waktu petang. sementara jika dibaca sore, maka Allah melindunginya hingga pagi tiba. 

Hal ini sesuai dengan hadits Ubay bin Ka’ab, yang mengatakan bahwa: 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,”Siapa yang datang ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang. Siapa yang datang ketika petang, maka ia akan dilindungi. akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani mensahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655). 

Link Download Ayat Kursi 

Berikut ini link download ayat kursi MP3 yang bisa Anda unduh.

Link Download Ayat Kursi MP3 | YouTube

Link Download Ayat Kursi MP3 | Spotify

Demikian tadi ulsan mengenai ayat kursi MP3 lengkap dengan bacaan latin, arti, waktu membaca, manfaat dan link download ayat kursi MP3.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News