Banjarmasin kirim 154 atlet pertahankan juara umum Popda Kalsel 2022

Banjarmasin (ANTARA) – Kota Banjarmasin mengirim sebanyak 154 atlet dalam misi mempertahankan juara umum pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalimantan Selatan tahun 2022.

“Kita ingin menjadi juara untuk kesembilan kalinya di tahun ini,” kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Banjarmasin, Minggu.

Para atlet terdiri dari 83 atlet putra dan 52 atlet putri yang mengikuti delapan cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, bulutangkis, basket, bola voli, pencak silat dan tinju.

Ibnu mengatakan misi mempertahankan gelar juara dimulai sejak seleksi atlet yang begitu ketat sejak Maret 2022 lalu. Masing-masing sekolah mengirimkan siswa yang berprestasi di bidang olahraga untuk berkompetisi secara berjenjang hingga di tingkat kota.

Menurut dia, ajang Popda sangatlah penting guna melahirkan bibit-bibit potensial yang kelak menjadi atlet profesional berprestasi guna mengharumkan daerah hingga ke tingkat nasional bahkan dunia.

“Event paling bergengsi secara nasional tentunya meraih prestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang kita harapkan lahir melalui Popda terlebih dahulu,” ujarnya.

Popda Kalimantan Selatan akan berlangsung pada 21 sampai 25 Juli 2022 mendatang pada dua tempat yaitu Kota Banjarmasin ada tujuh cabang olahraga dan di Kabupaten Banjar ada satu cabang olahraga yaitu sepak bola.

Popda yang bertujuan mengembangkan minat dan bakat pelajar di bidang olahraga merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga nasional karena dari ajang ini sering muncul atlet-atlet muda berbakat yang kemudian dilakukan pembinaan oleh pemerintah daerah.

Pewarta: Firman
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News