Bawa PSM Lolos Final Zona ASEAN AFC Cup 2022 , Profil Bernardo Tavares Disorot

Rabu, 10 Agustus 2022, 13:11 WIB

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, memimpin jalannya latihan jelang laga AFC Cup 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: Twitter/@PSM_Makassar)

GIANYAR – PSM Makassar menjadi buah bibir sepak bola Tanah Air. Hal itu seiring dengan keberhasilan mereka menembus partai final AFC Cup 2022 zona ASEAN.

Dari pencapaian tersebut, nama sang pelatih, Bernardo Tavares pun langsung menjadi sorotan. Pria kelahiran Proença-a-Nova, Portugal, pada 2 Mei 1980 itu menarik perhatian publik saat ini.

Sebagaimana diketahui, PSM baru saja menang atas klub Malaysia, Kedah Darul Aman, pada Selasa (9/8/2022). Digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Skuad Juku Eja-julukan PSM- mengemas skor kemenangan 2-1.

Racikan Tavares mampu mendulang hasil positif untuk PSM. Nyatanya, Tavares merupakan sosok pelatih yang berlisensi UEFA Pro.

Dia juga berpengalaman sebagai talent scout alias pencari bakat kala bergabung di klub Portugal, FC Porto pada 2007 lalu. Klub tersebut pernah menjadi juara Liga Portugal, UEFA Cup, dan Liga Champions saat dibesut oleh Jose Mourinho.

Tavares sejatinya telah mengawali karier di dunia kepelatihan pada 2001. Pria yang saat ini berusia 42 tahun itu menjabat sebagai asisten pelatih SL Benfica Yout kala itu.

Jabatan pelatih kepala pertamanya didapat pada Juli 2014 saat dia menukangi FC Tirsense. Tavares pun hijrah ke Oman saat resmi dikontrak sebagai pelatih kepala untuk Al-Nahda pada akhir tahun tersebut.

Kariernya berlanjut hingga ke Maladewa dengan klub New Radiant SC musim 2017. Dia pun menambah pengalamannya di Macau menukangi Benfica Macau pada 2018.

Tavares juga pernah menjajal Liga India saat melatih Chruchill Brother musim 2019-2020. Tepat sebelum berkiprah bersama PSM, Tavares sempat medidik klub Finlandia, HIFK Helsinki.

Editor : Hadi Febriansyah


Artikel ini bersumber dari www.sportstars.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News