Jakarta (ANTARA) – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77, aktor Yama Carlos bersyukur bangsa Indonesia dapat menyatakan kemerdekaannya dan berharap kemerdekaan tersebut dapat dimiliki dan dirasakan sepenuhnya oleh setiap warga negara.

“Saya sangat mensyukuri bangsa negara kita, akhirnya bisa menyatakan kemerdekaannya dan semoga kemerdekaan itu bisa kita miliki sepenuhnya,” kata Yama Carlos saat ditemui ANTARA, Minggu.

Yama mengatakan, setiap bangsa Indonesia harus bisa merasakan merdeka di negara sendiri. Setiap orang harus bisa berkreasi tanpa merasa ditekan oleh pihak manapun.

“Setidaknya kita bisa merasakan merdeka di negara sendiri. Jangan sampai masih punya perasaan terjajah atau merasa berada di bawah kekuasaan, di mana kita mau melakukan ini enggak bisa, melakukan itu enggak bisa. Jadi semoga kita semua bisa berkreasi dengan merdeka,” ujar Yama.

Meski demikian, menurut Yama, merdeka bukan berarti bebas melakukan apa saja yang diinginkan tanpa memperhatikan batasan. Setiap bangsa Indonesia dalam melakukan apapun, harus berada di dalam koridor aturan yang berlaku agar tidak kebablasan dan merugikan orang lain.

“Merdeka bukan yang dibebaskan semau kita, tetap harus ada pagar-pagarnya,” imbuh Yama.

“Jadi untuk bangsaku Republik Indonesia yang akan ulang tahun ke-77, semoga bangsa kita ini lebih baik lagi baik itu rakyatnya, pemerintahannya, semuanya. Biarlah kebahagiaan dan keadilan dapat kita semua rasakan sesuai dengan porsinya,” pungkas Yama.

Baca juga: Tanamkan nilai nasionalisme ke anak, Yama Carlos kenalkan lagu militer

Baca juga: Young Gunz Festival Bali akan dihelat 17 Agustus

Baca juga: Konser musik virtual “Indonesia Maju” dimeriahkan RAN hingga Slank

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News