JawaPos.com–Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi menggelar pembatalan baiat bagi 50 orang anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Anggota NII itu melakukan deklarasi mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berharap dengan deklarasi itu, para eks anggota NII bisa memiliki pandangan yang sama dalam membangun Indonesia berlandaskan ideologi Pancasila. “Kita harapkan ada deklarasi berikutnya lagi, yang artinya mereka menjadi jaminan untuk (mengajak) teman-temannya lagi,” kata Kunto seperti dilansir dari Antara, di Koramil Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, deklarasi serupa dari eks anggota NII pun dilakukan di Cileunyi pada Mei. Dari sisi keamanan, menurut Pangdam, adanya sejumlah deklarasi itu bisa memudahkan pihaknya dalam mempelajari basis NII.

Kunto memastikan deklarasi dari eks anggota NII tersebut bakal ditindaklanjuti dengan sejumlah program untuk menjadi modal bagi mereka dalam menjalani kehidupan. “Ada program-program yang sudah berjalan, dalam hal ini deradikalisasi untuk membangun, yakni kepelatihan, keilmuan, dan mengimplementasikan dalam pekerjaannya,” terang Kunto Arief Wibowo.

Selain itu, komunikasi pun perlu terus dibangun agar para eks anggota NII itu bisa yakin bahwa mereka bagian dari NKRI. “Dan kita coba memberikan bantuan sosial yang sifatnya seadanya mungkin bisa jadi modal awal untuk jadi suatu paguyuban dari mereka,” papar Kunto.

Dede Suryana, mantan Camat NII di wilayah tersebut, mengaku banyak kebohongan-kebohongan di organisasi terlarang tersebut. Di antaranya, penyimpangan soal ilmu agama.

Karena itu, dia pun mengajak kepada berbagai pihak yang masih aktif tergabung dalam NII untuk kembali ke NKRI dengan melakukan deklarasi. “Untuk yang masih aktif semoga cepat-cepat dikasih hidayah dan kembali ke NKRI,” kata Dede yang merupakan Camat NII selama 12 tahun tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News