Suara.com – Lima mahasiswa kedokteran Universitas Udayana berhasil dievakuasi oleh Badan Penggalungan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar usai terjebak di dalam lift kampus pada Minggu (11/9/2022).

Halus Sunjaya, salah satu petugas BPBD mengatakan bahwa pihaknya langsung segera melakukan evakuasi usai mendapatkan informasi yang diterima dari pos cabang Imam Bonjol.

“Informasi awal orang terjebak di dalam lift. Setelah itu, ya kami menuju ke TKP dengan membawa peralatan,” kata dia.

Awalnya, petugas mengalami kesulitan karena keterbatasan alat dan pengalaman petugas dalam menangani permasalahan lift macet.

Baca Juga:
Selokan Mataram Ditutup, BPBD sleman Distribusikan Air Bersih ke Wilayah yang Kekeringan

Evakuasi akhirnya berhasil setelah memakan waktu selama 45 menit sampai 1 jam. Dari lima mahasiswa yang terjebak, satu mengalami lemas dan langsung diberikan bantuan berupa oksigen oleh petugas BPBD.

Menurut penjelasan Dionisius, seorang mahasiswa yang terjebak di lift itu mengatakan bahwa mereka awalnya akan mengadakan kegiatan bersama anggota kelompok di salah satu ruangan.

“Awalnya kami masuk ke dalam lift, jumlahnya delapan orang. Liftnya nggak mau naik. Akhirnya yang tiga orang keluar. Sisanya naik,” kata dia.

Dia mengatakan sebelum mereka terjebak dalam lift tersebut, mereka mendapatkan tanda-tanda seperti pintu lift tak bisa ditutup dan liftnya sempat tak bisa mengangkut mereka ke lantai dua tempat mereka tuju

“Pas liftnya naik ke lantai dua, baru naik sebentar, tiba-tiba liftnya berhenti. Ya sudah kami pencet-pencet tombolnya tetapi tak bisa berfungsi,” kata dia.

Baca Juga:
Cuaca Ekstrem Bakal Landa Jakarta dari 10 – 16 September, BPBD DKI Minta Masyarakat Waspada

Menyadari hal tersebut, mereka menekankan tombol lonceng untuk memberikan tanda kepada teman-teman mereka yang ada di luar. Mereka pun melaporkan kejadian tersebut kepada pihak BPBD Kota Denpasar untuk mendapatkan pertolongan secepatnya.

Dalam peristiwa tersebut, satu orang yang mengalami kepanikan dan sempat diberi pernapasan dengan alat bantu yang dibawa BPBD Denpasar.

Menurut pengakuan Dion, dia dan keempat temannya terjebak selama satu setengah jam dalam lift tersebut. [ANTARA]


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News