TEMPO.CO, Jakarta – Polri belum mengantongi calon pengganti Irjen Ferdy Sambo sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan. Mengingat sementara ini jabatan tersebut diemban sementara oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

Informasi tersebut dikonfirmasi Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo. “Wah belum ada,” katanya singkat saat dihubungi, Rabu, 20 Juli 2022.

Dedi mengatakan, Wakapolri sepenuhnya bertanggung jawab atas jabatan Ferdy. Lama waktu yang diemban adalah sampai proses kasus kematian Brigadir J tuntas. “Sampai proses semua selesai,” tuturnya.

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengatakan sejumlah nama yang beredar layak untuk mengisi jabatan Kadiv Propam Polri.

“Saya tidak mau sebutkan nama, tidak masalah Mas Hendro (Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo), Mas Andi Rian (Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Pol Andi Rian Djajadi), Mas Ahmad Ramadhan (Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan). Bahkan beberapa nama yang lain (masih ada beberapa nama lainnya at least menurut saya) yang layak untuk dihadirkan,” kata Arteria kepada para wartawan, di Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022.

Politikus PDIP itu menuturkan, Polri punya banyak sumber daya manusia terbaik untuk menduduki posisi Kadiv Propam definitif. Pengganti Sambo, kata Arteria, juga mesti bisa menyelesaikan masalah dan tetap menjaga marwah Polri.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan sementara Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya. Langkah itu untuk menghindari berbagai spekulasi yang berkembang dan demi objektivitas proses investigasi kasus kematian Brigadir J.

FAIZ ZAKI | ANT

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


Sumber : news.google.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News