Media BRICS fokus kerja sama pembangunan global forum tingkat tinggi

Jakarta (ANTARA) – Huang Kunming, Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Kepala Departemen Publisitas Komite Sentral CPC mengatakan Presiden China Xi Jinping baru-baru ini menyampaikan pidato penting tentang penguatan kerja sama BRICS dan memajukan pembangunan global.

Pidato-pidato ini telah menjadi cetak biru baru dan menyuntikkan dorongan baru ke dalam kerja sama dan pembangunan BRICS, imbuhnya.

Menyebut tanggung jawab dan misi yang dipercayakan kepada media BRICS oleh perkembangan zaman dan harapan umum masyarakat dari seluruh dunia, Huang menyerukan agar gerai media negara-negara BRICS memperjuangkan pembangunan, fokus pada kerja sama pembangunan global, dan bekerja sama untuk membentuk suatu kemitraan pembangunan global yang bersatu, setara, seimbang, dan inklusif.

Huang mendorong berbagai upaya untuk mengonsolidasikan fondasi solidaritas; mempromosikan perwujudan visi keamanan bersama, komprehensif, kooperatif, dan berkelanjutan; serta memberikan momentum yang lebih stabil dan positif untuk bersama-sama membangun komunitas keamanan bagi umat manusia.

Huang juga menyerukan upaya untuk membangun jembatan persahabatan; meneruskan semangat keterbukaan, inklusivitas, dan kerja sama saling menguntungkan (win-win) BRICS; dan meningkatkan kerja sama BRICS.

Diselenggarakan oleh Kantor Berita Xinhua, Forum Media BRICS ke-5 mengusung tema “Membangun Konsensus BRICS, Mempromosikan Pembangunan Global” (Building BRICS Consensus, Promoting Global Development).

Sebanyak hampir 300 perwakilan dari lebih dari 170 gerai media dan institusi di 73 negara dan kawasan menghadiri forum itu baik secara daring maupun luring.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News