Kupang (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan agar penyelenggaraan Exotic Tenun Fest (ETF) di Nusa Tenggara Timur digelar secara rutin untuk memberikan berbagai dampak positif bagi para pelaku usaha tenun di NTT.

“Exotic Tenun Fest ini diharapkan dapat digelar setiap tahun sehingga dapat memberikan efek multiplier bagi para pelaku usaha seni budaya tenun dan industri parekraf di NTT,” katanya saat memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan kegiatan Exotic Tenun Fest 2022 yang digelar di Kupang, Jumat.

Sandiaga mengapresiasi pihak Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTT dan pemerintah daerah yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Exotic Tenun Fest 2022 bertema “Tenun NTT Goes to Cities Life”.

Baca juga: Sandiaga harap fasilitas berkelas dunia dongkrak turis ke Labuan Bajo

Kegiatan ini, kata dia, merupakan sebuah bentuk semangat untuk membawa produk tenun NTT menjadi pilihan gaya hidup.

Sandiaga mengajak seluruh elemen masyarakat NTT agar turut serta menyukseskan Exotic Tenun Fest 2022 yang menampilkan keindahan dan keunikan khas dari berbagai wilayah di NTT.

Melalui kegiatan seperti ini, tambah dia, membuat karya intelektual tenun yang merupakan warisan leluhur masyarakat di NTT dapat dilestarikan dan dikembangkan sebagai bagian dari keunggulan budaya nasional dengan semangat Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Sandiaga juga mengajak berbagai pihak untuk terus berkolaborasi dan semangat dalam kreativitas bersama dalam memajukan sektor pariwisata di NTT melalui produk kain tenun.

Baca juga: Sandiaga: Biaya kunjungan ke TN Komodo Rp3,75 juta untuk konservasi

“Mari bersama terapkan 3G, Gercep: Gerak cepat, Geber: Gerak bersama, dan Gaspol menggarap semua potensi sehingga kekayaan tenun NTT semakin mendunia,” katanya.

Turut hadir memberikan sambutan secara virtual dalam acara pembukaan Exotic Tenun Fest 2022, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti.

Kegiatan yang dipusatkan di Lippo Plaza Kupang dibuka secara langsung oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dihadiri Fokopimda, pimpinan instansi vertikal, sejumlah bupati/wakil bupati, pengusaha, perbankan, dan puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menyuguhkan produk tenun.

Baca juga: Dekranasda: 700 motif tenun ikat NTT terdaftar jadi Indikasi Geografis

Baca juga: 120 kain Gringsing suvenir G20 pesanan Menparekraf rampung dikerjakan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News