TEMPO.CO, Jakarta – Sedikit-demi-sedikit, misteri kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir Yosua mulai terkuak. Cerita awal Inspektur Jenderal Ferdy Sambo bahwa ajudannya itu tewas karena baku-tembak dengan ajudannya yang lain terbantahkan. Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri itu ternyata yang menjadi dalang pembunuhan.

Kami merangkai cerita yang terserak untuk merekonstruksi pembunuhan pada 8 Juli 2022 sore itu. Banyak narasumber yang kian mengukuhkan cerita tembak-menembak itu palsu belaka. Rekaman-rekaman kamera pengawas juga kian mengukuhkannya. Terakhir adalah kesaksian mereka yang ada di lokasi pembunuhan di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Dari semua keterangan itu kami rangkai menjadi satu kronologi utuh. Kronologi dan pemetaan peristiwa selama 7-9 Juli itu juga kian mengukuhkan cerita palsu pelecehan seksual Brigadir Yosua terhadap istri Sambo.

Rupanya, kejadian di rumah dinas Duren Tiga itu hanya babak akhir dari kronologi panjang ini. Peristiwa pembunuhan itu merentang hingga Magelang. Di kota ini, Sambo dan istrinya merayakan hari ulang tahun perkawinan sekaligus menengok anak kedua mereka yang sedang bersekolah di SMA Taruna Nusantara.

Di Magelang itulah diduga ada peristiwa yang memicu kemarahan Ferdy Sambo hingga mengakhiri hidup Brigadir Yosua. Kami mengurutkan perjalanan para ajudan Sambo dari Magelang hingga ke rumah pribadi Sambo di Pancoran. Di sini ada dugaan Sambo memerintahkan menghabisi Yosua. Polisi kian yakin dengan pasal pembunuhan berencana karena ada pengakuan bahwa Sambo memakai sarung tangan dan jelaga mesiu pistol di hari kematian Yosua.

Kami mencatat setidaknya ada empat babak penting dalam cerita kematian Brigadir Yosua. Apa saja babak-babak krusial selama 7-9 Juli 2022 itu, kami sajikan dalam liputan panjang di pekan ini. Selamat membaca.

Mustafa Silalahi

Redaktur Utama

Jelaga Sarung Tangan Sambo

Polisi mengantongi keterangan dan pengakuan soal sarung tangan berjelaga mesiu. Membuktikan apa?

Kronologi Zonk Anak Buah

Sambo rupanya melapor kepada Kapolri lima jam setelah kematian Josua. Mengapa Kapolri percaya dengan skenario Sambo?

Pengakuan Dua Ajudan

Kesaksian penting kematian Yosua adalah kesaksian Bharada Richard dan Brigadir Kepala Ricky Rizal. Mereka ada di lokasi pembunuhan. Seperti apa?

Apa yang Terjadi di Magelang?

Apa yang sesungguhnya terjadi hingga para ajudan Sambo cekcok dengan Brigadir Yosua?

OPINI

Bias-Bias dalam Perkara Sambo

Bagaimana seharusnya polisi menangani perkara Ferdy Sambo agar tak ada bias dalam mengungkap perannya dalam kematian Brigadir Yosua?


Sumber : news.google.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News