Pesta Rakyat Simpedes Karawang digelar! BRI dorong pengembangan UMKM

Jakarta (ANTARA) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di lapangan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat, dengan tema “Berbagi Makna SeIndonesia” guna mengajak UMKM untuk selalu berinovasi dan berdigital dalam menjalankan bisnis. 

“Ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman digitalisasi kepada masyarakat khususnya UMKM dalam pengelolaan keuangan serta memberikan pemberdayaan melalui berbagai pelatihan kepada UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya,“ Jelas Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari di Jakarta, Jumat.

PRS BRI 2022 di Karawang merupakan rangkaian pagelaran utama yang akan berlangsung selama 3 hari dari Jumat (5/8) sampai dengan Minggu (7/8) . Tidak hanya di Karawang, PRS akan digelar di 379 titik lokasi di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Penuh dengan acara menarik dan berhadiah, PRS diisi dengan kegiatan 6P, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. Pawai atau kirab Simpedes melibatkan komunitas-komunitas di setiap daerah untuk menunjukkan keunikan kebudayaan setempat. Panggung sebagai area sentral menampilkan para pemusik dan seniman lokal serta artis ibukota. Pasar berupa bazzar untuk area jual-beli produk-produk unggulan milik debitur binaan BRI dengan pembayaran secara cashless atau non tunai menggunakan QRIS, Kartu Debit BRI, BRIZZI, dan Link Aja. 

Puncak dari acara adalah Panen yang ditandai dengan pengundian hadiah. Generasi milenial disuguhkan dengan kegiatan Pojok X’Sis, yaitu area yang ditujukan untuk mengaktualisasi diri serta menambah pengetahuan dengan Lomba Band, Lomba Dance, kompetisi game E-Sports dan sebagainya. Terakhir, Peduli adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar.

Diadakan secara hybrid, PRS dilakukan secara offline dan online. Masyarakat yang tidak bisa hadir secara langsung, masih bisa menyaksikan melalui kanal Youtube Bank BRI pada tanggal 6 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB. 

“PRS adalah upaya dari BRI untuk masyarakat dan pelaku UMKM agar memiliki kesempatan dalam memperoleh pelatihan dan meningkatkan kapasitas usahanya, serta membuka peluang pasar yang lebih luas sehingga memungkinkan kolaborasi bisnis antar UMKM. Dengan begitu UMKM dapat naik kelas dan lebih tangguh dalam menghadapi perubahan besar di masa depan,” tambah Supari. 

Dalam rangka mendorong pengembangan UMKM, hingga triwulan II – 2022 BRI telah melakukan pemberdayaan dengan menyelenggarakan lebih dari 2.700 jenis pelatihan yang menyasar kepada peningkatan kapasitas produksi. Selain itu, BRI juga telah memiliki platform pemberdayaan online terpadu atau dikenal dengan LinkUMKM. 

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRSKRW

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News