Memuat…

Kapolsek Penjaringan Kompol Ratna Quratul Aini. Foto/Dok Humas Polda Metro Jaya

JAKARTA – Pada Mei 2022 lalu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melantik 28 Kapolsek baru. Jika biasanya serah terima jabatan dilakukan jajaran Kapolres masing-masing, momen yang spesial ini terlihat berbeda.

Irjen Pol Fadil Imran memilih untuk melantik langsung para Kapolsek tersebut. Dari 28 Kapolsek yang dilantik, ada delapan perempuan yang dilantik menjadi Kapolsek baru.

Dua di antara delapan polwan tersebut adalah Kompol Riza Sativa dan Kompol Ratna Quratul Aini. Penasaran dengan dua srikandi tangguh tersebut? Berikut profil dua polwan yang menjadi Kapolsek baru di Jakarta Utara.

1. Kompol Riza Sativa
Pernah bercita-cita jadi hakim, Kompol Riza Sativa kini menjabat sebagai Kapolsek Sunda Kelapa. Pelantikannya pada 24 Mei 2022 menggantikan Kapolsek sebelumnya, Kompol Seto Handoko Putra. Siapa sangka bahwa awalnya Riza tidak mempunyai minat di bidang kepolisian.

Kompol Riza merupakan lulusan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta jurusan hukum. Setelah lulus pada tahun 2005, ia melanjutkan pendidikan pada program Magister di UGM. Baca juga: Profil Polwan Cantik Briptu Eka Frestya yang Suaminya Dimutasi Jadi Wadirreskoba Polda Jatim

Namun, di tengah pendidikannya, Riza menerima informasi mengenai pendaftaran Akpol (Akademi Polisi) untuk lulusan sarjana. Atas dukungan keluarga dan orang tuanya, ia memutuskan untuk mengikuti seleksi Akpol angkatan pertama jalur sarjana.

Agar fokus pada seleksinya, Riza memutuskan untuk cuti dari program Magisternya. Sampai akhirnya, ia dinyatakan lulus. Ia pun kemudian mengurungkan niatnya untuk menjadi hakim.

Kompol Riza Sativa lulus pendidikan Akpol pada tahun 2009 dan menerima tugas pertamanya di Kepolisian Resor Karimun, Polda Kepulauan Riau, sebagai kepala SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama). Selama bekerja di kepolisian, Kompol Riza siap jika harus ditugaskan di mana pun.

Srikandi tangguh ini pernah ditempatkan di daerah luar Jawa seperti Polda Papua Barat dan Polda DIY. Sebelum menjabat sebagai Kapolsek Sunda Kelapa, Riza pernah menjabat sebagai Kasat Binmas di Polda Metro Jaya. Pada tahun 2020, ia juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Pondok Aren, Polres Tangerang Selatan.

Artikel ini bersumber dari metro.sindonews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News