Profil Brigjen Andi Rian Djajadi, Ketua Tim Penyidik Timsus Kasus Pembunuhan Brigadir J

Suara.com – Profil Brigjen Andi Rian Djajadi tengah ramai diperbincangkan. Pasalnya, diketahui bahwa dirinya adalah adalah pemimpin pemeriksaan Ferdy Sambo.

Sebagai tambahan informasi, kasus pembunuhan Brigadir J memang ditangani oleh tim penyidik khusus Bareskrim Polri yang dipimpin oleh Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J disebutkan telah tewas dalam insiden baku tembak dengan Bharada E di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada tanggal 8 Juli 2022 lalu. Sementara itu, Bharada E telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Polri.

Saat memenuhi panggilan pemeriksaan di Bareskrim Polri, Ferdy Sambo tampak mengenakan seragam polisi lengkap. Tidak hanya itu saja, Ferdy Sambo juga membawa pengawalan sendiri.

Baca Juga:
Polri Dinilai Sudah Penuhi Harapan Tetapkan Ferdy Sambo Cs Tersangka, Legislator DPR: Tapi Proses Hukum Belum Berakhir

Sementara itu, salah satu yang menjadi sorotan adalah Ferdy Sambo diperiksa oleh mantan anak buah sendiri yang tidak lain adalah Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Ferdy Sambo merupakan seorang polisi jenderal bintang dua, sedangkan Brigjen Andi Rian Djajadi adalah polisi jenderal bintang satu.

Lantas, siapa Brigjen Andi Rian Djajadi sebenarnya? Mari simak ulasan mengenai profil Brigjen Andi Rian Djajadi yang telah berhasil dirangkum Suara.com berikut ini.

Profil Brigjen Andi Rian Djajadi

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi (baju putih) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022) malam

Brigjen Andi Rian Djajadi adalah seorang perwira polisi jenderal bintang satu, yang merupakan alumni Akpol 1991. Tidak sedikit jabatan mentereng yang pernah dijabat oleh Brigjen Andi Rian Djajadi.

Baca Juga:
ISESS Minta Bareskrim Transparan Dalami Keterlibatan Fahmi Alamsyah Diduga Bantu Ferdy Sambo Rekayasa Kasus Brigadir J

Brigjen Andi Rian Djajadi pernah mengemban suatu jabatan penting di Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut). Mulai dari Kasat Res Narkoba Poltabes Medan, Kapolres Tebingtinggi, hingga Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Poldasu.

Kemudian, ia ditarik sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri dan ditugaskan lagi sebagai Dirkrimum Polda Sumut.

Berdasarkan surat telegram dengan nomor ST/2076/VII/KEP/2020 menunjuk Brigjen Pol. Andi Rian R Djajadi sebagai Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri.

Sementara itu, Brigjen Andi Rian Djajadi juga meraih berbagai prestasi yang mengantarkan dirinya memperoleh promosi bintang satu.

Brigjen Andi Rian Djajadi lalu menggantikan Brigjen Pol Prasetijo Utomo yang dicopot terkait pembuatan surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra Juli tahun 2020 lalu.

Sementara itu, jabatan yang dipegang oleh Brigjen Andi Rian Djajadi saat ini adalah Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Menariknya, posisi ini merupakan jabatan yang dulu pernah diduduki Ferdy Sambo.

Brigjen Andi Rian Djajadi juga pernah menjadi pemimpin rekonstruksi atas kasus penembakan terhadap 6 laskar FPI.

Dalam kasus kematian Brigadir J, Brigjen Andi Rian Djajadi memimpin Prarekonstruksi Tewasnya Brigadir J, bahkan Brigjen Andi Rian Djajadi lah yang menyampaikan soal penetapan Bharada E sebagai tersangka.

Seperti itulah penjelasan tentang profil Brigjen Andi Rian Djajadi,

Kontributor : Rishna Maulina Pratama


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News