Dejan Iliev, eks kiper Arsenal asal Makedonia Utara. Foto: Instagram/@ffmacedonia
Profil kiper AS Trencin, Dejan Iliev, menarik untuk ditinjau mengingat ia merupakan eks Gudang senjata. Apalagi, Iliev juga akan menjadi kolega Witan Sulaeman di AS Trencin mulai musim ini.

Kabar bergabungnya Witan Sulaeman ke klub Liga Super Slowakia memang langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tak terkecuali sosok Dejan Iliev yang juga punya catatan menarik sebagai pesepak bola profesional.

Lantas siapakah sosok Dejan Iliev ini? Lalu bagaimana kiprahnya sebagai kiper hingga pernah bergabung dengan Arsenal?

Profil Dejan Iliev, Eks Arsenal yang Kini Menjadi Kolega Witan Sulaeman

Dejan Iliev, eks kiper Arsenal asal Makedonia Utara. Foto: Instagram/@ffmacedonia

Dejan Iliev lahir di Strumica, Makedonia Utara pada 25 Februari 1995. Kini kiper berpostur tinggi 195 cm itu berusia 27 tahun.

Menurut tanda transferDejan Iliev ternyata memiliki dwi kewarganegaraan yakni Makedonia Utara dan Inggris. Namun, ia lebih memilih membela Timnas Makedonia Utara daripada Timnas Inggris.

Pemain bernomor punggung 1 ini memiliki nilai pasar tertinggi yakni Rp 6,08 miliar saat masih membela SKF Sered pada 2021 lalu. Bersama AS Trencin, nilai pasarnya menurun ke angka Rp 5,65 miliar.

Dejan Iliev mengawali kariernya di Liga Super Slowakia pada musim 2019/20 dengan status pinjaman dari Arsenal. Klub Slowakia pertama yang dibelanya yakni SKF Sered.

Klub Liga Slowakia, AS Trencin. Foto: Facebook/astrencin

Sebelum meniti karier di Liga Super Slowakia, Dejan Iliev lebih banyak menimba pengalamannya di Inggris, walaupun hanya sebagai pemain pinjaman. Adapun ia juga pernah membela klub Polandia yakni Jagiellonia Bialystok pada 2020 silam.

Dejan Iliev mengawali karier juniornya bersama klub Makedonia Utara, FK Belasica Strumica. Setelah itu, ia baru merantau ke Inggris dengan bergabung ke Arsenal U-18 pada 2012.

Bertahap, ia mulai mendapat kepercayaan dari Arsenal U-18 menuju Arsenal U-23 pada 2013. Kemudian, ia baru dipromosikan ke tim utama Arsenal pada musim 2018/19.

Ilustrasi Arsenal. Foto: Shutter Stock

Sayangnya bersama tim senior, Dejan Iliev belum pernah sekali pun diturunkan. Kurangnya menit bermain, membuat Iliev akhirnya dipinjamkan ke SKF Sered pada 13 Juli 2019.

Walau dipinjamkan ke SKF Sered, Iliev juga hanya mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 18 kali saja. Statistiknya kala itu, ia kebobolan 26 gol di Liga Super Slowakia 2019/20.

Karena belum sesuai ekspektasi, akhirnya SKF Sered mengembalikannya ke Arsenal pada akhir 2019. Selepas itu, Iliev kembali dipinjamkan ke klub Polandia yakni Jagiellonia Bialystok.

Selama berlaga di Liga Polandia, ia hanya mencatatkan 4 kali penampilan saja. Oleh karena itu, ia kembali lagi ke Arsenal pada pertengahan 2020.

Klub Liga Slowakia, AS Trencin. Foto: Facebook/astrencin

Dejan Iliev sendiri didatangkan AS Trencin pada 2 Februari 2022 silam dengan status bebas transfer dari Arsenal. Bersama AS Trencin ia baru tampil 9 laga di Liga Super Slowakia 2021/22 lalu.

Alasan Dejan Iliev jarang bermain yakni karena cedera lutut yang dialaminya sejak 12 Juli silam. Kabarnya, perawatan Iliev baru akan selesai pada 12 Oktober mendatang.

Tak banyak diketahui, sebenarnya Iliev sudah pernah mengalami cedera parah pada 2015. Akibat itu, ia terpaksa menepi selama 25 bulan.

Ilustrasi Arsenal. Foto: Shutter Stock

Meski belum pernah tampil di Liga Inggris bersama skuad utama Arsenal, Dejan Iliev tak pernah menyesal menjalin kontrak dengan Penembak. Menurutnya, bisa bergabung dengan Arsenal sudah merupakan anugerah baginya.

“Saya tak pernah menyesal gabung Arsenal [meski tak pernah tampil bersamanya]. Saya telah membuat keputusan tepat dengan memilih Arsenal dan saya sangat senang hingga hari terakhir saya bersamanya,” ucap Dejan Iliev kepada Goal Internasional.

Liga Inggris Pekan 2Musim

Klasemen Liga InggrisMusim

panah-kanan

Artikel ini bersumber dari kumparan.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News