Suara.com – Duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air atas kabar meninggalnya pelawak senior, Eddy Gombloh. Jarwo Kwat mengabarkan apabila jenazah Eddy Gombloh rencananya akan dibawa dari Jogja untuk dimakamkan di Jakarta.

Eddy Gombloh diketahui meninggal dunia di usia 80 tahun. Selama ini Eddy Gombloh dikenal sebagai pelawak yang berperan sebagai sosok lugu. Simak profil Eddy Gombloh selengkapnya berikut ini.

1. Biodata Eddy Gombloh

Eddy Gombloh merupakan nama panggung dari pria bernama Supardi yang lahir di Jogja pada 17 Agustus 1941. Eddy Gombloh tinggal di Jogja bersama sang istri yang bernama Murtina Lubalu dan anak terakhirnya, Ayu Adina Anggraeni.

Baca Juga:
Aktor Senior Eddy Gombloh Wafat

Eddy Gombloh mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta.

2. Perjalanan Karier Eddy Gombloh

Eddy Gombloh diingat sebagai pelawak bertubuh gemuk yang kerap memerankan karakter polos dan bloon. Di era 80-an, nama Eddy Gombloh melejit sebagai pelawak sekaligus aktor bersama rekan-rekannya yang lain seperti Benyamin Sueb, S Bagyo, dan Ratmi B29.

Sebanyak lebih dari 30 judul film telah dibintangi Eddy Gombloh dalam rentang waktu 1971-1990. Eddy berkesempatan menjadi pemeran utama dalam film “Tiga Janggo” (1976) bersama Benyamin S dan A Hamid Aried yang merupakan proyek dari sutradara Nawi Ismail.

Eddy Gombloh, Rabu (8/7/2015) [Suara.com/Wita Ayodhyaputri]
Eddy Gombloh, Rabu (8/7/2015) [Suara.com/Wita Ayodhyaputri]

3. Pensiun dan Tinggal di Jogja

Di hari tuanya, Eddy Gombloh memilih tinggal di Jogja bersama istri dan sang putri. Namun sesekali Eddy Gombloh masih ke Jakarta untuk mengurus perpanjangan KTP maupun SIM. Eddy Gombloh juga menyewakan 4 ruko miliknya di Jakarta.

Baca Juga:
Aktor Legendaris Eddy Gombloh Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Menarik yang Tak Banyak Orang Tahu

Eddy Gombloh rupanya tertarik tinggal di Jogja, khususnya daerah Turi, setelah mengantarkan bantuan gempa pada 2006. Hawa dan udara yang masih bersih membuat Eddy Gombloh tertarik membeli rumah di sana.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News