Suara.com – Berikut profil Guam, tim yang akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Belum lama ini, AFC selaku Federasi Sepak Bola Asia telah merilis pembagian grup sekaligus waktu penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

AFC pun menunjuk 10 negara yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, di mana Indonesia termasuk salah satunya.

Timnas Indonesia U-16 / U-17 sendiri akan menjadi tuan rumah Grup B, yang berisikan lima tim yakni Indonesia, Guam, Malaysia, Palestina, dan Uni Emirat Arab.

Nantinya, Timnas U-16 dijadwalkan akan melakoni laga pertamanya pada 3 Oktober 2022 dan melakoni laga terakhir Grup B pada 9 Oktober 2022.

Adapun untuk lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 3 Oktober 2022 mendatang adalah Guam.

Guam sendiri merupakan tim yang berasal dari Federasi Sepak Bola Asia Timur atau EAFF. Federasi ini sendiri sempat dilaporkan akan menjadi pelabuhan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

Lantas, seperti apa kekuatan Guam U-17? Akankah tim ini akan menyulitkan langkah Timnas Indonesia U-16 di laga pertama Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17?

Profil Guam

Melansir dari berbagai sumber yang ada, Guam U-17 sendiri tak punya kiprah mentereng di Piala Asia U-17 yang bergulir sejak 1985.

Tercatat, Guam U-17 tak pernah lolos ke Piala Asia U-17. Kebanyakan, tim ini tak berpartisipasi di babak kualifikasi.

Guam sendiri baru mengikuti kualifikasi pada tahun 1994. Sempat tak berpartisipasi di tahun 1996 dan mundur di tahun 2000, Guam kemudian mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-17.

Secara prestasi, tak banyak prestasi yang didapat Guam, baik di kancah regional atau Asia Timur, maupun di kancah internasional.

Meski begitu, belum lama ini Guam U-17 berpartisipasi di ajang 2022 Surf Cup yang berlangsung di San Diego, California, Amerika Serikat.

Dalam ajang tersebut, Guam U-17 hanya mampu meraih satu kemenangan dari tiga laga yang dijalani, dengan mencetak 4 gol dan kebobolan 10 gol.

Di ajang tersebut, Guam U-17 dipimpin oleh Samuel San Gil yang merupakan pelatih kepala tim tersebut.

Tak begitu banyak informasi yang tersedia mengenai sosok Samuel San Gil. Namun diyakini ia akan menjadi sosok yang memimpin Guam U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sedangkan pemain Guam U-17 yang akan digunakan di Kualifikasi Piala Asia U-17 nanti diyakini merupakan pemain-pemain yang ambil bagian di 2022 Surf Cup pada Juli lalu.

Berikut daftar pemain Guam U-17 di 2022 Surf Cup seperti dilansir dari laman resmi Federasi Sepak Bola Guam:

– Gavin Baker
– Nicolas Chargualaf
– Jack Gome
– Sean Halehale
– Douglas Kelly
– Justin Li
– Erwin Manibusan Jr
– Landon Miles
-Nicholas Moore
– Donovan Moss
-Robert Moultrop,
– Perez yang tampan
– Ethan Rioja
-CJ Sablan
– Raif Sablan
-Samuel Stenson
– Jacob Toves

[Felix Indra Jaya]


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News