Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina U-16 pada pertandingan Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (31/7).
Foto: Twitter/@pssi
Iqbal Gwijangge baru-baru ini mendapat sorotan publik. Kapten Timnas U-16 Indonesia itu sukses tampil apik di perhelatan Piala AFF U-16 2022.

Bermain di sektor pertahanan, pemain yang memiliki nama lengkap Muhammad Iqbal Gwijangge itu mampu memberikan ketenangan bagi rekan setimnya. Kepiawaian Iqbal dalam mengolah bola patut diacungi jempol.

Hal itu dibuktikan oleh Iqbal tatkala diturunkan dalam seluruh pertandingan di Grup A Piala AFF U-16. Dalam tiga laga yang dilakoni, Iqbal sukses membantu ‘Garuda Muda’ mencatatkan lembar bersih di dua laga dan hanya kebobolan satu angka di laga terakhir kontra Vietnam, Sabtu (6/8) kemarin.

Alhasil, Iqbal pada akhirnya mendapat puja dan puji dari berbagai pihak atas kontribusi positifnya bersama Timnas U-16. Pujian terhadap Iqbal bahkan dilontarkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu bahkan berniat menjadikan Iqbal sebagai anak angkatnya. Hal itu disampaikan Iwan Bule secara gamblang sesaat setelah Timnas U-16 memastikan satu tiket di partai semifinal Piala AFF U-16 2022.

”Iqbal [Gwijangge] mungkin akan saya angkat menjadi anak angkat saya. Dia berasal dari Papua dan dia SMA di Bandung di SMA 4. Saya akan kawal dia sampai lulus dan dapat pekerjaan,” kata Iwan di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8).

Lantas, siapa sebenarnya Iqbal Gwijangge? Bagaimana sepak terjangnya? Berikut kumparan sajikan profilnya di sini.

Profil Iqbal Gwijangge, Kapten Timnas U-16 yang Mau Diangkat Jadi Anak Iwan Bule

Muhammad Iqbal Gwijangge merupakan pemain muda potensial di sektor olahraga sepak bola. Pemain kelahiran Sumedang, Jawa Barat, itu berhasil membuktikan eksistensinya selama tampil di ajang Piala AFF U-16 2022.

Iqbal mampu menjawab kepercayaan sang pelatih, Bima Sakti. Pemain kelahiran 29 Agustus 2006 itu tak pernah lelah dalam menjaga pertahanan ‘Garuda Muda’.

Menurut data tanda transferIqbal pernah memperkuat Bandung Pro United selama beberapa waktu. Kemudian, ia melanjutkan kariernya dengan membela Bhayangkara FC U-16.

Timnas U-16 Indonesia membawa jersi Alfin Lestaluhu di Piala AFF U-16 2022. Foto: PSSI

Kemampuan Iqbal di bidang olahraga sejatinya diturunkan oleh orang tuanya. Adalah Sang ibunda, Besinah Haluk, yang diketahui merupakan seorang mantan atlet.

Hanya saja, Sang Ibunda bukanlah atlet di bidang olahraga sepak bola. Besinah Haluk adalah eks atlet yang aktif di bidang olahraga angkat berat.

Kendati begitu, Iqbal tetap mewarisi kemampuan yang dimiliki Sang Ibunda. Iqbal mewarisi kekokohan fisik dan pikiran yang memang menjadi salah satu pondasi bagi atlet angkat berat.

Di lain sisi, kemampuan Iqbal juga mampu membawa Timnas U-16 ke babak berikutnya di ajang Piala AFF U-16 2022. Berkat kemampuannya menjaga lini belakang, Timnas U-16 sukses sapu bersih pertandingan di Grup A.

Tercatat, Iqbal berhasil membantu Timnas U-16 mengalahkan Filipina dengan skor 2-0, Minggu (31/7); melibas Singapura dengan skor 9-0, Rabu (3/8); dan ditutup dengan kemenangan tipis atas Vietnam dengan skor 2-1 pada Sabtu (6/8).

Artikel ini bersumber dari kumparan.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News