Jakarta

Kim Yoo Jung merupakan salah seorang artis Korea Selatan yang membangun karier sejak kecil. Wanita kelahiran Seoul, 22 September 1999 ini mengawali karier pada 2003 sebagai model cilik kemudian debut akting.

Kala itu, masih berusia 4 tahun. Meski masih muda, Kim Yoo Jung disebut sebagai salah satu artis cilik terbaik di Negeri Ginseng.

Seiring berjalannya waktu, Kim Yoo Jung bertransisi menjadi artis remaja dan memiliki banyak peran di berbagai drama Korea. Mulai dari Dong Yi (2010), Bulan yang Merangkul Matahari (2012), dan ibu marah (2015). Bahkan, ia juga pernah didapuk menjadi host di salah satu acara musik SBS Inkigayo dari November 2014 sampai dengan April 2016, lho.




Merintis karier di dunia hiburan sejak kecil, tak heran jika Kim Yoo Jung mendapat gelar khusus dari masyarakat Korea Selatan. Ia dianggap sebagai adik kesayangan dengan julukan ‘Adik Perempuan Kecil Korea’ dan ‘Peri Sageuk’ setelah berperan dalam beberapa drama histori yang populer di Korea. Lalu di dunia periklanan, ia juga mendapat sebutan sebagai sebagai ‘Ratu Iklan Generasi Selanjutnya’ serta ‘Peri Iklan.”

Profil Kim Yoo Jung




Kim Yoo JungKim Yoo Jung/ Foto: Instagram @you_r_love

Berikut profil Kim Yoo Jung dikutip dari berbagai sumber.

Punya dua saudara kandung

Kim Yoo Jung memiliki kakak laki-laki bernama Kim Bu Geun dan kakak perempuan bernama Kim Yeon Jeong. Kim Yeon Jeong turut terjun ke dunia hiburan dan debut di dunia akting pada tahun 2017.

Dari Seoul, Kim Yoo Jung pindah ke Sekolah Dasar Daehwa bersamaan dengan keluarganya pindah ke Ilsan, Goyang, Gyeonggi. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama Daesong pada Maret 2015, ia melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Atas Perempuan Hongik di Distrik Mapo, Seoul.

Pada tahun yang sama bulan Agustus, ia memutuskan untuk pindah ke sekolah Goyang High School of Arts di Gyeonggi. Kim Yoo Jung melanjutkan kehidupan sekolahnya sambil aktif di tengah kesibukannya sebagai seorang aktris. Salah satu kegiatan yang pernah ia lakukan sebelum kelulusan yakni melakukan pertunjukan drama dan 10 pertunjukan reguler.

Pilih fokus berkarier

Di hari upacara kelulusannya di Goyang High School of Arts di Gyeonggi, Kim Yoo Jung menunjukkan pesona dan kecantikannya yang luar biasa, Bunda.

Pada hari itu, agensi lamanya, mengunggah foto Kim Yoo Jung di akun media sosial mereka. Dalam foto tersebut, Kim Yoo Jung membuat ekspresi wajah lucu mengenakan baret berbulu merah dengan nama sekolah menengahnya tercetak di bagian depan.

Di tahun yang sama, ada banyak artis K-pop yang lulus dari seperti dirinya dan berharap untuk kuliah pada bulan Maret. Akan tetapi Kim Yoo Jung memilih jalur yang berbeda, ia memutuskan fokus menjalani karier.

“Setelah berdiskusi panjang dengan orang tua saya, saya telah memutuskan untuk tidak kuliah tahun depan. Akan menyenangkan untuk mengalami kehidupan kampus dan saya sangat bersemangat untuk itu. Tapi saya ingin menjadi seorang aktris yang terus bekerja keras untuk menjadi lebih baik,” tutur Kim Yoo Jung di laman komunitas penggemarnya, dikutip dari laman Berita SBS.

Bahagia berakting

Di sisi lain, Kim Yoo Jung juga membagikan hal lainnya, Bunda. Katanya, berakting menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

“Ketika saya berakting, saya menjadi orang lain,” tuturnya, dikutip dari Koran Times.

“Saya dapat mengalami kehidupan orang lain dan menjelajahi perasaan orang lain,” sambungnya.

Sebagai artis berbakat, ia juga memiliki idola yang menjadi panutannya, Bunda. Sosok tersebut merupakan artis senior lain, yakni Song Hye Kyo.

Sementara itu di waktu yang sama, Kim So Hyun yang juga eks artis cilik perempuan turut menarik perhatian. Walau begitu, Kim Yoo Jung tak menganggap Kim So Hyun sebagai saingannya.

“Tapi Kim So Hyun bukan saingan. Dia memiliki pesonanya sendiri, dan aku, milikku. Kami (saling) mendukung, membantu, dan menasihati satu sama lain tentang penampilan,” bebernya

Transisi menjadi artis dewasa




Kim Yoo JungKim Yoo Jung/ Foto: Instagram @you_r_love

Walau memiliki jejak karier yang dibangun sejak dini, Kim Yoo Jung mengaku sempat khawatir ketika harus melakukan transisi dari artis cilik menjadi dewasa.

Meskipun ada yang berhasil membuka lembaran baru saat melewati fase ini, namun beberapa di antaranya ada yang gagal menjadi sorotan setelah beranjak remaja.

Kim Yoo Jung berharap agar ia bisa bertahan dan lolos melawati fase tersebut. Dengan begitu, ia bisa terus menjalani karier beraktingnya semulus mungkin hingga masa depan.

“Saya bohong jika mengaku tidak khawatir,” katanya.

“Tapi saya pikir ketakutan yang saya rasakan diperlukan untuk pengembangan (diri).”

Kim Yoo Jung pernah berakting sebagai pria

Karier akting Kim Yoo Jung memang tak main-main, Bunda. Ia pernah menjadi pemeran utama dalam drama Korea dan berhasil menyabet penghargaan karena akting yang memukau dalam serial berjudul Cinta di bawah sinar bulan.

Bagaimana tidak, dalam drama Korea kerajaan itu, Kim Yoo Jung mengejutkan penonton karena memerankan seorang wanita yang menyamar sebagai seorang pria yang memberikan nasihat, termasuk pada kepada pangeran.

Melakoni peran ini sempat membuat Kim Yoo Jung merasa tertekan. Ia khawatir tak bisa memenuhi ekspektasi penonton karena berpikir aktingnya tak cocok.

“Saya merasakan banyak tekanan bekerja sebagai karakter utama Cinta di bawah sinar bulan,” kata Yoo-jung, dikutip dari SCMP.

“Saya sangat stres di awal karena saya khawatir penonton tidak akan berpikir saya cocok untuk peran itu. Tetapi ketika saya melihat begitu banyak umpan balik positif dari media dan penonton, saya merasa seperti sekarang saya harus melakukan yang lebih baik lagi. Itu membuat saya sadar bahwa akan ada banyak rasa sakit dan kesulitan yang harus diatasi jika ingin menjadi aktris yang lebih baik,” ujarnya.

Penonton terkesan dengan kemampuan Kim Yoo Jung menggambarkan bagaimana ketangguhan pria dan kelembutan seorang wanita. Tetapi, Kim Yoo Jung mengatakan ia tidak ada apa-apanya untuk peran tersebut.

“Saya hanya menempatkan diri pada posisi seorang pria, mengamati bagaimana mereka berjalan dan berbicara, dan kemudian bertindak,” katanya.

Prestasi Kim Yoo Jung




Kim Yoo JungKim Yoo Jung/ Foto: Instagram @you_r_love

Sebagai artis muda, Kim Yoo Jung berhasil menorehkan sederet prestasi.

Menjadi duta

Di sela kesibukannya sebagai aktris, Kim Yoo Jung juga mengemban tugas sebagai duta, Bunda. Sebagai duta apa saja? Berikut di antaranya:

  1. UNICEF ‘Tetap di Sisiku’

  2. Festival Berbagi Korea ke-6

  3. Konferensi ke-9 Duta Besar Sukarelawan Korea

  4. Tur Dunia Seoul ([email protected])

  5. Perayaan Hari Pahlawan Nasional ke-58

  6. Pencegahan Pelecehan Anak di Provinsi Gyeonggi

  7. Duta Muda untuk Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga

  8. Administrasi Makanan & Obat-obatan untuk Anak-anak

  9. Koran Anak Rumah Biru

  10. Asosiasi Asuhan Asuhan Korea

Penghargaan

Sebagai figur publik dengan banyak bakat dan dicintai oleh publik, Kim Yoo Jung juga mendapatkan banyak penghargaan, Bunda. Di antaranya:

  1. APAN Star Awards kategori Excellence Award, Aktris dalam Miniseri tahun ini
  2. SBS Drama Awards kategori Excellence Award, Actress in a Miniseries Fantasy/Romance Drama dan Best Couple (bersama Ji Chang-wook) pada tahun 2020.
  3. Baeksang Arts Awards kategori Aktris TV Paling Populer (Cinta di bawah sinar bulan) pada tahun 2017.
  4. Fashionista Awards kategori Best Fashionista Red Carpet Category pada tahun 2017.
  5. KBS Drama Awards kategori Excellence Award, Aktris dalam Drama Mid-length Cinta di bawah sinar bulan pada tahun 2016
  6. KBS Drama Awards kategori Best Couple Award dengan Park Bo Gum (Cinta di bawah sinar bulan) pada tahun 2016.
  7. APAN Star Awards Kategori Aktris Pendatang Baru Terbaik (Cinta di bawah sinar bulan) pada tahun 2016.
  8. MBC Drama Awards kategori Top 10 Stars Award (ibu marah) pada tahun 2015.
  9. SBS Drama Awards kategori Penghargaan Bintang Baru (Pintu Rahasia) pada tahun 2014.
  10. MBC Drama Awards kategori Aktris Muda Terbaik (Semoga Ratu/Bulan Merangkul Matahari) pada tahun 2012.
  11. KBS Drama Awards kategori Aktris Muda Terbaik (Dendam: Pemberontakan Gumiho) pada tahun 2010.
  12. MBC Drama Awards kategori Aktris Muda Terbaik (Api Keinginan/Dong Yi) pada tahun 2010.
  13. SBS Drama Awards kategori Aktris Muda Terbaik (Pelukis Angin/Iljimae) pada tahun 2008.

Itulah profil artis Korea Selatan Kim Yoo Jung.

Bunda, yuk unduh aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan uang kembali 5 persen.

Simak juga 5 artis K-Pop yang punya IQ tinggi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(AFN/sebagai)



Artikel ini bersumber dari www.haibunda.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News