PROFIL Lee Yu-jun akan dibahas Okezone dalam artikel ini. Ia adalah pemain naturalisasi asal Korea Selatan yang sejak 2017 bermain di Indonesia dan kini memperkuat Madura United.

Lee Yu-jun yang kini bermain bersama Madura United telah mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Ia mengajukan paspor Indonesia setelah menikah dengan perempuan asal Indonesia, Shanaz Nadia.



Profil Lee Yu-jun


Bagi penggemar Bhayangkara FC dan Liga 1 pasti tidak asing dengan nama Lee Yu-jun. Ya, ia dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Liga 1.

Lahir di Seoul, Korea Selatan pada 26 September 1989, ia justru mengawali karier di sepak bola Brasil sejak 2007 sampai 2011.

Pada 2011 sampai 2016, barulah ia kembali ke Korea selatan dan bermain untuk tiga klub berbeda. Klub Korea Selatan yang terakhir dibelanya adalah Incheon Citizen pada 2016.

Pada pertengahan 2016, ia direkrut oleh Bhayangkara FC. Tepatnya pada 17 Agustus 2016, ia resmi meneken kontrak dengan klub milik Kepolisian Republik Indonesia tersebut.

Tidak butuh waktu lama bagi Lee Yu-jun untuk diingat namanya dan kiprahnya di persepakbolaan Indonesia. Pada 2017, ia langsung memberikan gelar Liga 1 bagi Bhayangkara FC.

Posisi aslinya adalah gelandang bertahan. Selama 2016-2022, ia adalah andalan dari Bhayangkara FC.

Ketika menjalani tugasnya sebagai gelandang bertahan, Lee Yu-jun bermain sangat luar biasa. Tekel dan tugasnya sebagai orang pertama yang menghalau pertahanan sangat luar biasa.

Lee Yu-jun

Bisa dibilang, Lee Yu-jun adalah motor dari permainan Bhayangkara FC selama enam musim di sana. Perannya dibutuhkan oleh setiap pelatih yang mengarsiteki The Guardian.

Bersama Bhayangkara FC, ia tercatat bermain sebanyak 126 laga, baik di ISC A dan Liga 1. Pada awal musim 2022, ia kemudian dilepas ke Madura United.

Sempat tidak bisa dimainkan oleh Madura United karena status WNI-nya. Barulah di pekan keempat Liga 1 2022-2023, tepatnya di laga Persebaya Surabaya vs Madura United pada Minggu, 14 Agustus 2022, Lee Yu-jun bisa menjalani debut bersama sang tim.

Di laga tersebut, Lee Yu-jun bermain lima menit dan membantu sang klub bermain 2-2 dengan Persebaya Surabaya. Kemudian pada Jumat 19 Agustus 2022, Lee Yu-jun mentas sebagai starter dan membantu Madura United menang 1-0 ata Dewa United.

Artikel ini bersumber dari bola.okezone.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News