TEMPO.CO, Jakarta – Muhammad Iqbal Gwijangge menjadi salah satu pemain penting di Timnas U-16 Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022. Bek tengah sekaligus kapten skuad Garuda Asia itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik di ajang tersebut.

Pemain kelahiran Jawa Barat yang akan genap berusia 16 tahun pada 29 Agustus ini tak menyangka dapat menyabet gelar tersebut, selain membantu Timnas Indonesia U-16 meraih gelar kedua Piala AFF U-16, setelah edisi 2018.

“Ini semua berkat kerja sama tim, bukan karena saya sendiri. Itulah mengapa saya tak menyangka bisa meraih gelar Pemain Terbaik,” ujarnya.

Iqbal saat ini adalah pemain Bhayangkara FC U-16. Pemain keturunan Papua itu pernah berlatih di Sekolah Sepak Bola SASWCO Bandung, kemudian ke Bandung Por United.

Pada Mei 2022, Iqbal mendapatkan panggilan untuk mengikuti seleksi Timnas U-16. Dia sempat dipulangkan setelah mengikuti seleksi awal pemain.

Namun, kesempatan kembali datang kepadanya. Dia termasuk dalam 30 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan untuk Piala AFF U-16 2022 dan akhir lolos.

Iqbal ternyata tumbuh dari keluarga atlet angkat besi. Ibunya, Besinah Haluk, merupakan mantan lifter dari Jawa Barat.

Pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat, 12 Agustus 2022. Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor 1-0. ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Penampilannya bersama Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022 ini adalah debut Iqbal membela Timnas Indonesia. Berposisi sebagai bek tengah, dia mampu menjaga lini pertahanan Garuda Asia dengan baik.

Iqbal menjadi pilihan utama pelatih Bima Sakti. Berkat penampilannya yang apik, Garuda Asia hanya kebobolan dua gol di sepanjang turnamen (sekali di penyisihan grup dan sekali di semifinal).

Dia menjadi bagian dari skuad Timnas U-16 Indonesia yang berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 di final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Jumat lalu.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun berjanji akan memberikan pendidikan yang layak bagi Iqbal. Bahkan, mantan Kapolda Metro Jaya itu akan menjadikan kapten Timnas U-16 itu sebagai anak angkatnya.

“Saya sampaikan kepada beliau (ibu Iqbal), untuk pendidikan Iqbal ke depan tidak perlu dikhawatirkan. Apapun yang menjadi pilihan dari Iqbal, saya dukung dan bantu semampu saya,” kata Iriawan dalam akun Instagramnya.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Bima Sakti (kiri) dan kapten skuadnya Muhammad Iqbal Gwijangge. (ANTARA/Michael Siahaan)

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, berpesan kepada Iqbal untuk terus berlatih dan tidak menjadi sombong. “Dia pemain yang bagus. Tetap rendah hati dan tetap semangat berlatih,” kata Bima kepada TempoMinggu, 14 Agustus 2022.

Muhammad Iqbal Gwijangge berpeluang kembali dipanggil untuk berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan berlangsung pada awal Oktober mendatang. Saat ini, Bima Sakti, tengah merancang jadwal pemusatan latihan untuk Timnas U-16 Indonesia menghadapi ajang tersebut.

Profil lengkap Iqbal:

Nama Lengkap: Muhammad Iqbal Gwijangge
Tempat/Tanggal Lahir: Jawa Barat, 29 Agustus 2006
Posisi: Bek tengah
Klub: Bhayangkara FC U-16.

Baca Juga: Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Ini Daftar Pemain dengan Statistik Terbaik


Artikel ini bersumber dari bola.tempo.co.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News