Suara.com – Deolipa Yumara dan Muhammad Boerhanuddin yang sebelumnya menjadi Kuasa Hukum Bharada E dalam kasus penembakan Brigadir J, mendadak kuasanya dicabut oleh Bharada E. Kini, peran keduanya diganti pengacara bernama Ronny Talapessy.

Ronny Talapessy sendiri mengaku bahwa dirinya ditunjuk langsung oleh orang tua Bharada E, untuk menjadi pengacara Bharada E atau Bharada Eliezer.

“Saya lawyer (pengacara) Bharada E, ditunjuk langsung oleh orang tua dan Bharada E,” kata Ronny kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Ronny sendiri mengaku mendapatkan surat kuasa sejak hari Rabu, 10 Agustus 2022 lalu. Ia kemudian langsung menjalankan perannya sebagai kuasan hukum Bharada E.

Baca Juga:
Fakta Baru Penembakan Brigadir J, Bharada E Dijanjikan Uang Rp2 Miliar oleh Ferdy Sambo dan Istri

Ronny mendampingi kliennya yang dijadwalkan akan diperiksa oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada Jumat (12/8/2022).

Lantas, siapakah sosok Ronny Talapessy tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Ronny Talapessy

Ronny Talapessy memiliki nama lengkap Ronny Berty Talapessy. Ia adalah anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Ronny Talapessy dikenal sebagai seorang pengacara dan juga politisi PDI Perjuangan. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jakarta.

Baca Juga:
Kejagung Telah Siapkan JPU Untuk Tangani Perkara Pembunuhan Berencana Brigadir J

Selain itu, Ronny juga diketahui merupakan seorang anggota Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin).

Mengenai pendidikan, Ronny merupakan seorang sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Jakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan berhasil mendapatkan gelar master hukum.

Sebelumnya, Nama Ronny sempat mencuat di publik pada saat ia menjadi salah satu anggota dari tim pengacara mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus dugaan penodaan agama di tahun 2016 lalu.

Tidak hanya itu, Ronny juga sempat menjadi perbincangan pada saat ia menjadi kuasa hukum keluarga korban kecelakaan maut di Tugu Tani, Jakarta Pusat yang menewaskan 9 orang pada tahun 2012 silam.

Saat ini, Ronny ditunjuk menjadi Kuasa Hukum Bharada E. Ronny mengaku diminta langsung oleh kedua orangtua Bharada E untuk mendampingi kasus hukum putranya.

Kabar penunjukan Ronny sebagai pengacara Bharada E yang baru muncul setelah terungkap bahwa kuasa Deolipa Yumara dan Muhammad Boerhanuddin dicabut.

Deolipa dan Boerhanuddin sendiri tercatat belum genap sepekan menjadi pengacara Bharada E, terhitung sejak 6 Agustus 2022.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News