IDXChannel – Profil Roy Suryo yang merupakan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menarik untuk dibahas. Pasalnya, belakangan ini nama Roy Suryo ramai dibicarakan karena ia ditahan Polda Metro Jaya terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang mirip Presiden Joko Widodo.

Kasus ini bermula ketika Roy Suryo mengunggah foto stupa dengan wajah mirip Jokowi di akun Twitter miliknya. Banyak pihak yang menganggap perbuatan Roy sebagai penistaan terhadap agama Buddha.

Lantas, seperti apa jejak karier dan profil Roy Suryo? Berikut ulasannya untuk Anda.

Profil Roy Suryo

Dirangkum dari berbagai sumber, Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau lebih dikenal dengan Roy Suryo lahir di Yogyakarta pada 18 Juli 1968.

Roy adalah lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1991. Kemudian, ia juga lulus dari Magister Perilaku dan Promosi Pascasarjana UGM pada 2005.

Roy Suryo pernah menjadi dosen fotografi di UGM pada 1998–2008. Selain di UGM, Roy juga pernah menjabat sebagai dosen Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta pada medio 1998–2004.

Setelah menjadi dosen, Roy tercatat pernah menjabat sebagai salah satu konsultan teknis di situs resmi Presiden SBY pada 2006. Roy tercatat sebagai ketua departemen komunikasi dan informasi Partai Demokrat dan juga menjabat sebagai penanggung jawab redaksi di situs resmi partai tersebut.

Roy juga pernah menjadi konsultan teknologi Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2007 silam.


Artikel ini bersumber dari www.idxchannel.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News