Jakarta

Siapa pencipta lagu Indonesia Raya? Ini menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang mungkin masih belum mengetahui betul siapa sosok di balik lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya merupakan salah satu lagu wajib nasional Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lagu Indonesia Raya, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengenal Lagu Indonesia Raya

Sebelum membahas tentang siapa pencipta lagu Indonesia Raya, alangkah lebih baiknya kita bahas tentang lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya adalah lagu pertama yang menjadi lagu wajib nasional Indonesia.

Lagu Indonesia Raya merupakan lagu yang kerap kali dikumandangkan saat upacara atau dalam berbagai aktivitas kegiatan lainnya yang mewajibkan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya menyiratkan berbagai identitas Indonesia dan juga syarat akan makna.

Lantas, siapa pencipta lagu Indonesia Raya? Simak informasinya berikut ini.

Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Soepratman atau yang dikenal dengan nama WR Soepratman. Beliau merupakan sosok di balik terciptanya lagu Indonesia Raya yang kerap dikumandangkan saat pelaksanaan upacara.

Profil Singkat Wage Rudolf Soepratman:

Wage Rudolf Soepratman adalah seorang komponis kenamaan Indonesia. Dilansir dari situs Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud, WR Soepratman lahir pada Jumat Wage, tanggal 19 Maret 1903 di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dalam sejarahnya, Wage Rudolf Soepratman juga terlibat dalam kancah politik Indonesia. WR Soepratman merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam deklarasi Sumpah Pemuda bersama tokoh-tokoh nasional lainnya.

Wage Rudolf Soepratman wafat pada 17 Agustus 1938 di Jalan Mangga No.21, Tambak Sari, Surabaya akibat gangguan jantung. Almarhum WR Soepratman dimakamkan di Pemakaman Umum Kapasan, Jalan Tambak Segaran Wetan, Surabaya. Dan, atas jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Wage Rudolf Soepratman mendapatkan berbagai penghargaan.

Pencipta Lagu Indonesia Raya: Wage Rudolf Soepratman | Foto: dok Kemdikbud

Sejarah Lagu Indonesia Raya

Pencipta lagu Indonesia Raya sudah diketahui yakni Wage Rudolf Soepratman. Selanjutnya, mari kita bahas tentang sejarah lagu Indonesia Raya yang dikutip dari buku yang berjudul ‘Meluruskan Sejarah dan Riwayat Hidup Wage Rudolf Soepratman’ oleh C. Hutabarat.

Ide penulisan lagu Indonesia Raya bermula saat WR Soepratman membaca tulisan di majalah terbitan Solo, Jawa Tengah, bernama Timbul. Dalam buku tersebut tertulis “Alangkah baiknya jika ada seorang pemuda Indonesia yang dapat menciptakan lagu kebangsaan, karena bangsa-bangsa lain sudah memiliki lagu kebangsaan mereka sendiri.”

Membaca tulisan tersebut, Wage Rudolf Soepratman termotivasi dan mulai menulis teks lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya lahir pada pertengahan tahun 1928. Dan, untuk pertama kali lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober 1928 tepatnya saat Kongres Pemuda Indonesia II.

Lirik Lagu Indonesia Raya

Indonesia tanah airku
Tanah menumpahkan darahku
Di sanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Negaraku
Mari kita berseru
Indonesia bersatu

Panjang umur tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunkan jiwanya
Bangun
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Kebebasan Kebebasan
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Kebebasan Kebebasan
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Kebebasan Kebebasan
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Kebebasan Kebebasan
Hiduplah Indonesia Raya

Makna Lagu Indonesia Raya

Makna lagu Indonesia Raya sebagai lagu wajib nasional tentunya memiliki tujuan atau manfaatnya. Pada umumnya, ada banyak sekali manfaat atau fungsi lagu wajib nasional, termasuk lagu Indonesia Raya. Sebenarnya di antara dari sekian banyak lagu wajib nasional memiliki tujuan yang sama, antara lain yaitu:

  • Menumbuhkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Mereduksi sifat-sifat kedaerahan bangsa.
  • Menumbuhkan sifat rela berkorban baik jiwa maupun raga dan harta demi bangsa dan negaranya.
  • Menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur membela dan mempertahankan bangsa Indonesia.
  • Menumbuhkan semangat perjuangan Indonesia untuk tetap menyala dalam sanubari generasi muda penerus bangsa, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang pencipta lagu Indonesia Raya yaitu Wage Rudolf Soepratman, serta sejarah, lirik lagu dan maknanya. Semoga bermanfaat.

(wia/dhn)

Artikel ini bersumber dari news.detik.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News