Kamis, 18 Agustus 2022, 19:48 WIB

Stadion Al Thumama Stadium di Qatar yang desainnya menyerupai peci (Sumber: Instagram).

JAKARTA – Profil Stadion Piala Dunia 2022: Stadion Al Thumama Stadium mendapat perhatian lebih dari para pecinta bola di dunia. Lantaran stadion ini akan menjadi lokasi perhelatan paling bergengsi, Piala Dunia.

Al Thumama Stadium merupakan satu-satunya stadion yang dibangun dengan tujuan khusus yaitu menyambut Piala Dunia 2022. Karena itulah banyak orang yang penasaran dengan profil stadion yang dibuat mendadak ini.

Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Stadion Al Thumama Stadium Qatar (Sumber: Instagram)

Profil Stadion Piala Dunia 2022: Stadion Al Thumama Stadium

Stadion Al Thumama Stadium dibangun pada 2017, kemudian diresmikan pada Oktober 2021. Berbeda dengan stadion lain yang akan digunakan pada gelaran Piala Dunia di Qatar, arena ini disuguhkan untuk menyambut Piala Dunia 2022.

Momen pertama digunakannya sungguh memiliki kesan yaitu pada final gelaran Emir Cup 2021. Selanjutnya momen yang pernah berlangsung di stadion baru ini adalah ajang FIFA Arab Cup 2021, total ada 6 laga termasuk partai semifinal Qatar menghadapi Aljazair.

Al Thumama Stadium juga memiliki keistimewaan secara geografis, karena letaknya sangat berdekatan dengan Bandara Internasional Hamad. Dengan jarak yang hanya 8 km mendukungnya sebagai destinasi dunia yang sangat diminati.

Layaknya stadion sebagai Piala Dunia, Al Thumama Stadium sudah memenuhi syarat kapasitas yaitu 40.000 kursi meski setelah ajang Piala Dunia selesai akan dipangkas setengahnya sebagai fasilitas publik.

Diketahui Ibrahim M. Jaidah terpilih sebagai Arsitek yang mendesain stadion ini, dengan motif eksterior berbentuk peci lengkap serta motif khas Qatar sekaligus berfungsi sebagai ventilasi.

Tidak hanya keindahannya dari luar, di dalam pun penonton serta pemain akan merasakan sensasi kesejukan. Karena Al Thumama Stadium memiliki teknologi pendingin yang dirancang secara artifisial bertenaga sinar matahari.

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Al Thumama Stadium:

  • 21 November 2022: Senegal vs Belanda (Grup A)
  • 23 November 2022: Espanyol vs Kosta Rika (Grup E)
  • 25 November 2022: Qatar vs Senegal (Grup A)
  • 27 November 2022: Belgia vs Maroko (Grup F)
  • 29 November 2022: Iran vs Amerika Serikat (Grup B)
  • 1 Desember 2022: Kanada vs Maroko (Grup F)
  • 4 Desember 2022: Juara Grup D vs Runner up Grup C (Babak 16 Besar)
  • 10 Desember 2022: Pemenang pertandingan 55 vs Pemenang pertandingan 56 (Babak 8 besar)

Demikian informasi mengenai Profil Stadion Piala Dunia 2022: Stadion Al Thumama Stadium. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad


Artikel ini bersumber dari www.sportstars.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News