Instagram: @talon_esports

Talon Esports merupakan sebuah organisasi esports asal Hong Kong yang didirikan pada tahun 2017. Namun pasukan Talon Esports untuk Dota 2 baru saja dibentuk baru-baru ini di November 2021.

Talon Esports memiliki beberapa kantor regional di negara-negara Asia seperti Thailand, Taiwan, Filipina, dan Korea Selatan. Talon Esports sendiri menjalankan enam tim esports profesional dalam lima pasar dan telah menerima penghargaan lebih dari 30 yang berasal dari kemenangan di berbagai turnamen.

Penasaran dengan rekam jejak tim esports asal Hong Kong ini? Yuk kita bahas lebih dalam tentang profil tim esports Cakar!

Perjalanan Daftar Talon Esports Dota 2

Talon Esports Dota 2
Situs web: liquipedia.net

Setelah berhasil meraih sukses dalam genre MOBA yang dibuktikan dari berbagai kejuaraan seperti Liga legenda dan Arena KeberanianTalon Esports memulai kembali kancahnya di Dota 2.

Pasukan Talon Esports Dota 2 yang berbasis di Manila, Filipina ini memiliki daftar internasional yang diisi oleh para pemain pro Dota 2 kelas dunia yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Namun, pada awal Januari 2022, Talon Esports membuat sebuah pernyataan resmi yang diunggah melalui akun Twitter @Talon_esports yang menyatakan Ucapkan “Terbang” Aizik (Israel) dan Kim “Gabbi” Villafuerte (Filipina) keluar dari daftar Talon Esports Dota 2 sehingga menyisakan tiga pemain saja, yakni Mikoto Rafli “Mikoto” Rahman (Indonesia), Brizio “Hyde” Budiana (Indonesia), dan Damien “kpii” Chok (Australia).

Banyak yang pada saat itu menyayangkan keputusan pasukan Talon Esports Dota 2 untuk menghapus gabbi dan Terbang dari daftar daftar Talon Esports Dota 2 karena formasi Talon Esports Dota 2 pada saat itu dianggap cukup kuat dan memiliki potensi.

gabbi merupakan adalah mantan pemain TNC Predator sedangkan Terbang sudah melanglang buana bersama Evil Geniuses dan OG Esports yang merupakan tim-tim besar.

Pelepasan dua mantan pemain yang tergabung dalam pasukan Talon Esports Dota 2 yaitu Terbang dan gabbi diduga diakibatkan oleh hasil yang kurang baik yang didapatkan oleh pasukan Talon Esports Dota 2 dalam lanjutan DPC SEA 2022 divisi 2 setelah Talon Esports gagal naik ke divisi 1 dan hanya bisa menempati posisi ke-5 klasemen.

Setelahnya, Talon Esports melakukan evaluasi daftar Talon Esports Dota 2 dan pada bulan Februari 2022 memutuskan menambahkan dua pemain baru ke daftar Talon Esports Dota 2. Kedua pemain tersebut adalah Worawit “Q” Mekchai (Thailand) dan Nuengnara “23savage” Teeramahanon (Thailand).

Selain itu, di bulan Februari 2022, Talon Esports juga merekrut Lee “Forev” Sang-don (Korea Selatan) sebagai pelatih dan John “johnxfire” Nathan Fernandez sebagai pita pada Maret 2022.

Siapa saja yang tergabung di roster Dota 2 Talon Esports?

Talon Esports Dota 2
Instagram: @talon_esports

Saat ini, pasukan Talon Esports Dota 2 terdiri dari lima pemain, satu pelatih dan satu pita. Kelima pemain yang tergabung di daftar Talon Esports Dota 2 adalah:

  • Nuengnara “23savage” Teeramahanon (Thailand),
  • Mikoto Rafli “Mikoto” Rahman (Indonesia),
  • Damien “kpii” Chok (Australia),
  • Worawit “Q” Mekchai (Thailand), dan
  • Brizio “Hyde” Budiana (Indonesia).

Berikut profil singkat dari lima daftar pemain Talon Esports Dota 2 yang perlu kalian ketahui.

Profil Pemain Pro Talon Esports Dota 2

#1 – Nuengnara “23 biadabterramahanon

Talon Esports Dota 2
Situs web: liquipedia.net

Nuengnara “23savage” Teeramahanon adalah orang pemain pro Dota 2 yang berasal dari Thailand. 23savage bergabung dengan Talon Esports pada 26 Februari 2022 dan saat ini tergabung ke dalam daftar Talon Esports Dota 2. Pada Juli 2020, 23 biadab berhasil mencapai 11.000 solo Tingkat Pembuatan Pertandingan (MMR) dan pada Maret 2021 dia menjadi pemain pertama yang berhasil mencapai 12.000 MMR.

#2 – Mikoto Rafli “Mikoto” Rahman

Talon Esports Dota 2
Instagram: @mikoto347

Rafli “Mikoto” Rahman merupakan seorang pemain pro Dota 2 asal Indonesia yang bergabung dengan Talon Esports pada November 2022 di mana dia juga termasuk ke dalam daftar Talon Esports Dota 2. Mikoto juga merupakan pemain pro Indonesia pertama dan pemain pro keenam yang berhasil mencapai 10.000 MMR pada Februari 2020 dan mencapai 11.000 MMR pada Januari 2021.

#3 – Damien “kpii” Chok

Talon Esports Dota 2
Twitter: @kpiidota

Damien “kpii” Chok merupakan seorang pemain pro Dota 2 asal Australia yang resmi bergabung ke dalam pasukan Talon Esports Dota 2 pada 16 November 2021. Prestasi yang berhasil ditorehkan olehnya antara lain pada Internasional 2015, kpii berhasil lolos melalui babak Kartu Liar dan terus Internasional 2017 dirinya memecahkan rekornya sendiri serta berhasil menempati posisi rperawatan bersama Cairan Tim.

#4 – Worawit “Q” Mekchai

Talon Esports Dota 2
Halaman Facebook: QDota

Worawit “Q” Mekchai merupakan seorang pemain pro Dota 2 dari Thailand berusia 24 tahun yang bergabung ke dalam Talon Esports Dota 2 pada 25 Februari 2022. Pada turnamen PGL Arlington BesarQ yang sejatinya merupakan pemain dukungan lembut untuk pasukan Talon Esports Dota 2 terpaksa tidak bisa mengikuti turnamen tersebut karena terkendala permasalahan visa.

#5 – Brizio “Hyde” Budiana

Talon Esports Dota 2
Twitter: @hydedota2

Brizio “Hyde” Budiana adalah orang pemain pro Dota 2 asal Indonesia yang tergabung ke dalam pasukan Talon Esports Dota 2 sejak November 2021. hyde merupakan pemain mendukung bagi Talon Esports. Pada 11 September 2021, hyde berhasil mencapai 10.000 MMR. Selain itu, dirinya juga akan ikut serta dalam turnamen GAMERS GALAXY: Seri Undangan Thailand 2022 mendatang bersama Talon Esports.

Rekam Jejak Talon Esports di Kancah Turnamen Dota 2 Tahun 2022

Talon Esports Dota 2
Situs web: www.talon.gg

#1 Undangan GAMERS GALAXY DotA 2 2022

Mengutip informasi dari Instagram resmi Talon Esports dengan akun @talon_esports tim Talon Esports Dota 2 resmi masuk ke dalam tim diundang pada Undangan GAMERS GALAXY DotA 2 2022 yang akan diselenggarakan pada 18 hingga 20 Agustus 2022.

Dalam turnamen tersebut, ssegi empat Talon Esports Dota 2 rencananya akan bertanding melawan tujuh tim lainnya, yaitu Army Geniuses, BOOM Esports, Execration, Fnatic, Polaris Esports, RSG, dan Team SMG.

#2 PGL Arlington Major 2022

Pada turnamen PGL Arlington Major 2022, pasukan Talon Esports Dota 2 harus mengalami kekalahan setelah bertanding melawan OG Esports dengan skor akhir 0-2.

Pertandingan yang berlangsung pada 8 Agustus 2022 antara Talon Esports dan OG Esports merupakan turnamen perebutan posisi ke babak selanjutnya di PGL Arlington Major 2022.

Bermain di grup “neraka” PGL Arlington Major Dota 2, pasukan Talon Esports Dota 2 hanya mampu menempati posisi ketujuh dengan total satu kali menang, tiga kali imbang, dan empat kali kalah.

#3 ESL One Malaysia 2022 Asia Tenggara: Kualifikasi Tertutup

ESL One Malaysia 2022 Asia Tenggara: Kualifikasi Tertutup diikuti oleh delapan tim yang terdiri dari lima tim diundangdua tim babak kualifikasi terbuka pertama, dan satu tim dari babak kualifikasi terbuka kedua.

Pada turnamen ini, pasukan Talon Esports Dota 2 bertanding dengan tujuh tim lainnya yang terdiri dari BOOM Esports, T1, RSG, Team SMG, Polaris Esports, TNC Predator, dan Summit Gaming.

Hasil akhir dari turnamen ESL One Malaysia 2022 Asia Tenggara: Kualifikasi Tertutup menyatakan Boom Esports dan Talon Esports keluar sebagai pemenang. Namun, Talon Esports yang sebelumnya sempat menang di kurung bawah harus puas berada di posisi kedua setelah kalah dari Boom Esports dengan skor akhir 2-1.

#4 DPC SEA 2021/2022

DPC SEA 2021/2022 menjadi turnamen pertama bagi pasukan Talon Esports Dota 2. Namun sayangnya pada debut pertama di DPC, segi empat Talon Esports Dota 2 hanya bisa meraih peringkat 3 divisi 2.

Dalam hal ini, Talon Esports membenahi daftar mereka dengan membawa 23savage, Q, dan Forev ke dalam pasukan Talon Esports Dota 2. Hal ini terbukti ampuh karena pada akhirnya daftar baru ini berhasil membawa Talon Esports ke divisi 1 dan mengamankan posisi untuk melaju ke PGL Arlingoton Major.


Artikel ini bersumber dari esportsnesia.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News