Profil Tol Serang – Panimbang yang Sebagian Dibiayai Utang dari Cina







TEMPO.CO, Pandeglang – Pemerintah menargetkan proses konstruksi jalan tol Serang – Panimbang akan rampung pada tahun 2024. “Pembangunannya akan kita selesaikan di kuartal I/2024 supaya bisa dimulai untuk mendukung destinasi wisata Tanjung Lesung,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat ground breaking Tol Serang-Panimbang di Pandeglang, Banten, Senin, 8 Agustus 2022.

Ia menyatakan Tanjung Lesung, Banten dapat menjadi alternatif wisata selain puncak setelah Jalan Tol Serang-Panimbang nantinya resmi beroperasi. “Ini akan jadi yang saling melengkapi dari puncak. Mungkin ya bisa ke sini. Tadinya 5 jam dari Jakarta jadi kira-kira 2,5 jam ke sini,” tutur Basuki.

Setidaknya ada tiga manfaat dari pembangunan Tol Serang – Panimbang. Pertama, meningkatkan ekonomi Banten. Kedua, mendukung percepatan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Ketiga, mempersingkat waktu Jakarta-Tanjung Lesung dari yang semula 5,5 jam menjadi 2,5 jam.

Berikut profil jalan tol Serang-Panimbang:

  • Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer yang terdiri atas tiga seksi.
  • Seksi 1 Tol Serang-Panimbang sepanjang 26,5 kilometer yang menghubungkan Serang – Rangkasbitung telah beroperasi sejak tahun 2021.
  • Proses pembangunan kini dilanjutkan pada Seksi 2 sepanjang 24,17 km yang menghubungkan Rangkasbitung – Cileles. Hingga saat ini, progress fisik pembangunan Seksi 2 ruas tol itu telah mencapai 31,2 persen.
  • Khusus untuk pembangunan Seksi 1 dan 2 sepanjang 50,67 km membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 8,58 triliun. Pembangunan dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
  • Seksi 1 – 2, merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang.
  • Adapun proses pembangunan pada Seksi 3 sepanjang 33 km yang menghubungkan Cileles – Panimbang juga resmi dimulai. Sementara pembebasan lahan untuk pembangunan Seksi 3 telah mencapai 77,9 persen.
  • Sementara Seksi 3 merupakan porsi Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.
  • Khusus untuk pembangunan Seksi 3 dibutuhkan biaya Rp 4,63 triliun. Adapun sumber pembiayaan seksi tersebut berasal dari APBN dan pinjaman Cina.

Selanjutnya: Luhut berpesan agar utang Cina untuk membiayai proyek tol ini digunakan sebaik-baiknya.











































3 jam lalu

Luhut Klaim Utang Indonesia Rp 7.000 Triliun Terkecil di Dunia, Bagaimana Datanya?

Sejumlah ekonom membantah klaim Menteri Luhut Pandjaitan yang mengatakan utang pemerintah Indonesia saat ini adalah yang paling kecil di dunia.




3 jam lalu

Jalan Tol Serang – Panimbang Beroperasi 2024, Waktu Tempuh dari Jakarta 2 Jam

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jalan tol Serang – Panimbang akan dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Tanjung Lesung hanya dua jam.




4 jam lalu

Terpopuler Bisnis: Kenaikan Tarif TN Komodo Ditunda, Luhut Sebut Ekonomi Banten Makin Bagus

Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Senin kemarin, 8 Agustus 2022 dimulai dari pemerintah menunda penerapan tiket masuk Pulau Komodo.




5 jam lalu

PUPR Hibahkan Sambungan Air Bersih untuk 1.033 Pemilik Rumah di Kabupaten Bogor

Pemberian hibah ini adalah upaya meningkatkan akses air bersih di Kabupaten Bogor.




5 jam lalu

Perekonomian RI Kembali ke Level Sebelum Pandemi, Sri Mulyani: Harus Dipertahankan

Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa perekonomian Indonesia sudah kembali mencapai level sebelum pandemi Covid-19 merebak atau pra-Covid.




13 jam lalu

Seksi 3 Tol Serang-Panimbang Mulai Dibangun, Luhut: Ekonomi Banten Akan Tambah Bagus

Luhut Binsar Pandjaitan melalukan peletakan batu pertama atau Groundbreaking Seksi 3 Ruas Cileles – Panimbang.




18 jam lalu

Luhut: Tol Serang-Panimbang Lembaran Baru Perekonomian Banten

TEMPO.CO, Jakarta- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) merupakan lembaran baru untuk pertumbuhan ekonomi di Banten, khususnya di sektor pariwisata. Apa lagi, kata dia, jaraknya tidak terlalu jauh dengan Jakarta.




18 jam lalu

Luhut Sebut Utang Pemerintah RI Hanya Rp 7.000 Triliun, Terkecil di Dunia: Semua Produktif

Menteri Luhut mengklaim bahwa utang pemerintah Indonesia saat ini adalah yang terkecil ketimbang negara-negara lainnya. Ini penjelasan lengkapnya.




21 jam lalu

Jalan Tol Serpong – Balaraja Segera Beroperasi, Kelak Tersambung Tol Jakarta-Merak

Proyek Jalan Tol Serpong – Balaraja telah rampung dikerjakan. Jalan sepanjang 5,15 Kilometer itu menunggu peresmian.




1 hari lalu

Mobil Pelat RFH Berulah, Mobil Dinas PJR Polisi Ditabrak di Tol Pancoran

Saat polisi PJR berinisial G menghampiri mobil pelat RFH, pengemudi bernama JFA malah menabrak petugas dan mobil dinas PJR di Jalan Tol Pancoran.





Artikel ini bersumber dari bisnis.tempo.co.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News