IDXChannel – Sejarah dan profil GOLD memang sudah menjadi informasi umum karena merupakan perusahaan terbuka.

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk merupakan sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa penyedia infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Sejarah GOLD

Perusahaan dengan kode emiten GOLD ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Sejarah GOLD dimulai dengan pendirian PT Bima Nuansa Cempaka pada 8 November 1995.

Awalnya, perusahaan tersebut bergerak di bidang ritel dengan fokus toko serba ada dengan merek Golden Truly. Selain bidang ritel, PT Bima Nuansa Cempaka juga merambah di bidang pengelolaan ruang usaha komersial untuk berbagai penyewaseperti toko buku, restoran, dan lain sebagainya.

Pada 26 Maret 2002, PT Bima Nuansa Cempaka merubah namanya menjadi PT Golden Retailindo yang menjadi cikal bakal berdirinya PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur. Perusahaan ini beberapa kali mengalami pergantian kepemilikan dari kepemilikan awalnya oleh Hasbullah dan Tri Widodo.

PT Golden Retailindo lalu mendapatkan pernyataan efektif dari OJK terkait dengan IPO atau penawaran umum perdana saham dengan kode emiten GOLD kepada masyarakat umum, dengan jumlah saham sebanyak 86.000.000. Harga penawaran yang ditawarkan berada di angka Rp350 per saham dan sudah efektif melantai di bursa efek pada 7 Juli 2010 lalu.

Pada 2016, perusahaan ini melihat adanya peluang usaha di bidang telekomunikasi. Untuk itu, perseroan tersebut melakukan akuisisi terhadap PT Permata Karya Perdana untuk melakukan perubahan kegiatan usaha utamanya menjadi penyedia infrastruktur telekomunikasi dan berganti nama menjadi PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur.


Artikel ini bersumber dari www.idxchannel.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News