20 Aplikasi dan Website Kalkulator Kehamilan untuk Cek HPL & Usia Kandungan

Jakarta

Kalkulator kehamilan bisa digunakan untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL) lho, Bunda. Kalkulator ini juga mudah diakses secara on line di ponsel.

Saat ini, sudah banyak aplikasi dan situs web gratis yang menyediakan kalkulator kehamilan. Artinya, Bunda tak perlu repot memastikan usia kandungan dan memperkirakan waktu kelahiran Si Kecil.

Meski begitu, kalkulator ini hanya bisa digunakan berdasarkan tanggal konsepsi dan siklus haid ya, Bunda. Kedua hal itu juga menjadi tolak ukur keakuratan kalkulator kehamilan.




“Masukkan periode haid terakhir, maka secara otomatis kalkulator dapat mengetahui usia kehamilan dan waktu kelahiran,” kata spesialis obgyn, Dr.Amos Grunebaum, MD, dikutip dari BayiMed.

Tapi, jika Bunda tidak mengetahui tanggal konsepsi atau siklus haid, penggunaan kalkulator ini tak begitu berarti. Sebaiknya periksa langsung ke dokter untuk mengetahui kondisi janin.

Penggunaan kalkulator dapat dijadikan panduan untuk mempersiapkan kelahiran anak. Lalu apa saja aplikasi dan website kalkulator kehamilan yang dapat digunakan ibu hamil?

Aplikasi dan website kalkulator kehamilan

1. Kalkulator Kehamilan Pro

Pregnancy Calculator Pro dibuat oleh iMedical Apps. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store ya Bunda.

Selain bisa menghitung perkiraan HPL, aplikasi ini juga bisa memantau perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan.

2. Ovia Kehamilan & Pelacak Bayi

Ovia Pregnancy & Baby Tracker berisi fitur-fitur menarik seputar kehamilan, Bunda. Salah satunya adalah kalkulator kehamilan.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat melihat perkembangan janin, memprediksi masa subur hingga mendapatkan ringkasan terkait siklus haid bulanan. Aplikasi ini cukup populer di kalangan para Bunda.

3. Prasasti

Preglife juga merupakan aplikasi kehamilan. Aplikasi ini berisi kalender kehamilan yang menyesuaikan usia kehamilan Bunda.

Dari kalender ini, Bunda bisa menghitung mundur HPL. Selain itu, Bunda juga dapat mengetahui perkembangan janin sesuai usia kehamilan.

Aplikasi Preglife memiliki fitur menarik lainnya yang bisa digunakan lho. Beberapa di antaranya adalah alat hitung gerakan janin dan tips kehamilan untuk Ayah dan Bunda.

4. Kalkulator Kehamilan, Kalender




Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Aplikasi Pregnancy Calculator, Calendar daru EclixTech mudah diaplikasikan untuk mengetahui HPL. Selain itu, Bunda juga bisa mengetahui setiap tahap perkembangan janin setiap minggu dari aplikasi ini.

Fitur kalender kehamilan di aplikasi ini sangat khas dibandingkan aplikasi lain. Selain banyak fungsinya, aplikasi ini juga memiliki desain yang menarik.

5. Asosiasi Kehamilan Amerika (APA)

Kalkulator kehamilan ini mudah digunakan untuk menghitung HPL berdasarkan tanggal periode haid terakhir. Perlu diperhatikan, hasil kalkulator kehamilan ini bukan diagnosis, melainkan perkiraan berdasarkan rata-rata.

Bunda bisa mengakses kalkulator kehamilan APA di website resminya ya. Ada tiga pilihan kalkulasi untuk perhitungan, yakni hari pertama terakhir haid, tanggal konsepsi, dan HPL.

6. NHS Inggris

Kalkulator kehamilan di website NHS Inggris bisa membantu Bunda mengetahui kapan waktu melahirkan. Cukup masukkan tanggal hari pertama haid terakhir untuk melihat HPL.

Lalu, masukkan panjang siklus yang bisa disesuaikan, kurang dari atau lebih dari 28 hari. Kemudian, Bunda bisa memilih tulisan ‘show your due date’ untuk menampilkan HPL. Kehamilan biasanya berlangsung dari 37 sampai 42 minggu sejak hari pertama haid terakhir.

7. Apa yang Diharapkan

Kalkulator kehamilan di situs ini cukup lengkap lho, Bunda. Di situ ini, Bunda bisa menentukan HPL berdasarkan:

  • Hari pertama haid terakhir (HPHT)
  • Tanggal konsepsi
  • Tanggal transfer embrio pada program bayi tabung di hari ke-3 atau ke-5
  • Tanggal terakhir USG

Bunda cukup memilih metode perhitungan, lalu masukkan tanggal yang dimaksud. Kemudian, klik ‘hitung tanggal jatuh tempo saya‘ untuk mengetahui HPL. Selain muncul HPL, Bunda juga akan mendapatkan trivia menarik seputar kehamilan pada saat hasil perhitungan muncul.

8. Pusat Bayi

Bunda dapat menggunakan kalkulator kehamilan ini untuk mengetahui tanggal jatuh tempo atau kelahiran. Kalkulator ini berisi tiga pilihan metode, yakni dengan memasukkan tanggal hari pertama haid terakhir, tanggal konsepsi, dan tanggal HPL bagi Bunda yang sudah mengetahuinya.

Hasil akhir kalkulator adalah tanggal HPL beserta usia kehamilan saat ini. Hasil kalkulator ini juga menjelaskan kondisi dan perkembangan janin sesuai usianya.

9. Kesehatan Flo

Sama seperti website lain, Flo Health juga menyediakan kanal khusus untuk kalkulator kehamilan. Semua perhitungan ini hanya bisa diakses secara eklusif oleh penggunanya tanpa diketahui Flo Health. Semua data juga akan dihapus secara permanen setelah Bunda menutup website.

Flo Health akan menentukan HPL berdasarkan dua hal, yakni hari pertama haid terakhir dan tanggal konsepsi. Hasilnya berupa tanggal HPL dan usia kehamilan Bunda saat ini. Website ini juga menunjukkan tanggal pasti kehamilan di setiap trimester. Selain di website, Flo Health juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk ponsel.

10. BabyMed

Kalkulator kehamilan di BabyMed cukup lengkap untuk mengetahui kehamilan dari minggu ke minggu. Selain mengetahui HPL, kalender kehamilan di sini juga dapat memperkirakan berat janin setiap bulan.

Di kalkulator kehamilan ini, tersedia tabel bulanan untuk mengetahui setiap hasil perhitungan. Nah, website BabyMed juga bisa digunakan untuk Bunda yang sedang program bayi tabung.




Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

11. Benjolan

The Bump adalah aplikasi kalkulator kehamilan yang bisa diakses di website dan aplikasi. Bunda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui usia kehamilan secara otomatis dengan memasukkan hari pertama haid terakhir.

Selain kalkulator kehamilan, di aplikasi ini juga tersedia tahapan perkembangan janin setiap minggu. Bunda pun bisa mendapatkan informasi terkait kehamilan di sini.

12. Kehamilan +

Bunda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store ya. Aplikasi ini berisi fitur-fitur untuk membantu bumil, seperti alat hitung usia kehamilan.

Bunda juga bisa mengetahui perkembangan janin, termasuk bentuk janin tiap minggu. Fitur perkembangan janin di aplikasi ini didesain dengan tampilan menarik.

13. WebMd

Situs WebMD sering membagikan artikel kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan. Situs ini juga menyediakan kalkulator kehamilan.

Berbeda dengan situs lainnya, di sini Bunda hanya bisa mengetahui kondisi kehamilan di setiap trimester berdasarkan HPL. Artinya, Bunda bisa menggunakan kalkulator ini hanya bila mengetahui dengan pasti tanggal HPL.

14. Terbaru

Kalkulator di website UpToDate dapat memperkirakan tanggal persalinan atau HPL. Hasil kalkulator ini berdasarkan hari pertama haid terakhir, Bunda.

Untuk menggunakan alat hitung ini, Bunda bisa memasukkan tanggal hari ini dan tanggal hari pertama haid terakhir. Hasilnya berupa perkiraan tanggal HPL dan usia kehamilan.

15. Alat Kalkulator Tanggal Jatuh Tempo Kehamilan & Kesuburan

Bunda bisa menggunakan aplikasi ini di ponsel untuk memprediksi HPL dan usia kehamilan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberitahu masa subur Bunda untuk program hamil.

Aplikasi ini cukup memiliki banyak fitur menarik. Beberapa di antaranya adalah mengetahui perkembangan bayi setiap minggunya.




Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

16. Perinatologi

Perinatology adalah search website untuk mencari jurnal atau artikel seputar kehamilan. Di website ini, Bunda juga bisa menggunakan fitur kalkulator kehamilan untuk mengetahui HPL.

Hitungan perkiraan HPL dan usia kehamilan di website ini berdasarkan pada:

  • Tanggal pembuahan, seperti tanggal ovulasi, pengambilan telur, atau inseminasi
  • Tanggal transfer embrio 3 hari dan 5 hari pada proses bayi tabung
  • Tanggal HPL dengan pemeriksaan USG
  • Hari pertama haid terakhir

17. Kalkulator Kehamilan

Pregnancy Calculator merupakan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel. Aplikasi ini bisa memperkirakan masa subur, tanggal konsepsi, dan HPL.

Hasil kalkulator kehamilan ini juga bisa memastikan usia kehamilan, Bunda. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah karena Bunda hanya perlu memasukkan hari pertama haid terakhir.

18. Pelacak Kehamilan

Aplikasi Pregnancy Tracker memiliki beberapa fitur untuk cek kehamilan, termasuk untuk memperkirakan HPL. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan karena tampilannya yang simpel.

Nah, berikut 8 fitur menarik di aplikasi Pregnancy Tracker:

  • Mengetahui fase kehamilan dari minggu ke minggu
  • Informasi tentang janin
  • Menghitung usia kehamilan
  • Menghitung HPL
  • Melacak berat badan Bunda
  • Melacak tendangan bayi dalam kandungan
  • Mencatat gejala kehamilan yang dirasakan
  • Dokumentasi konsultasi ke dokter

19. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG)

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) memiliki aplikasi yang bisa diunduh lho, Bunda. Kalkulator kehamilan ini dikembangkan oleh ACOG bersama American Institute of Ultrasound in Medicine (AIUM) dan Society for Maternal-Fetal Medicine (SMFM).

Selain kalkulator kehamilan, Bunda juga bisa mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, baik dari jurnal atau penelitian.

20. 280 Hari

280 Days adalah aplikasi ponsel yang khusus berisi tentang perkembangan janin. Melalui aplikasi ini, Bunda juga bisa menghitung mundur HPL.

Selain perkembangan janin, aplikasi ini juga dapat mendapatkan informasi terkait perubahan tubuh selama hamil. Berbeda dengan aplikasi lain, 280 Days berisi jurnal kehamilan, di mana Bunda bisa mengabadikan memori dari hasil pemeriksaan kesehatan hingga foto USG.

Bunda, yuk unduh aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan uang kembali 5 persen.

Simak juga 5 rekomendasi test pack dengan akurasi tinggi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)



Artikel ini bersumber dari www.haibunda.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News